Deteksi Dini Diabets Melitus pada Anak, Cegah Komplikasi Berat di Kemudian Hari

by -787 Views

Meimonews.com – Plt Dirut RSUP Kandou Dr. dr. Ivonne Elisabeth Rotty. M.Kes menegaskan, dengan mendeteksi secara dini Diabetes Melitus (DM) pada anak akan mencegah terjadinya komplikasi berat di kemudian hari.

Penegasan tersebut disampaikan dokter Ivonne saat membuka kegiatan World Diabetes Day di aula KSM Anak Irina E
Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. dr. RD Kandou (akrab disebut RSUP Kandou), Kamis (23/11/2023).

Dokter Ivonne (sapaan akrab Plt. Dirut RSUP Kandou) juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada CDiC bekerjasama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) di bawah Kementerian Kesehatan RI, yang sudah memfasilitasi kegiatan yang bertemakan Know Your Risk, Know Your Respon.

Baca juga  Tandaju : Pengukuhan BAAS Mitra, Penting untuk Penurunan Prevalensi Stunting

“Dalam rangka Hari Diabetes Sedunia ada beberapa kegiatan sudah dilaksanakan yang berkaitan dengan program tranformasi kesehatan dari Kementerian Kesehatan salah satunya melakukan pengampuan, di dalamnya kita bisa mendeteksi secara dini penyakit, kanker, jantung, uronefro, stroke dan diabetes melitus,” ujarnya.

Kegiatan ini juga, tambahnya, ada skrining komplikasi microvaskuler berupa pemeriksaan mata dan urin atau skrining komplikasi anak anak dengan Diabetes Melitus tipe-1.

Disebutkan, kita patut bersyukur dengan adanya kegiatan ini, ada banyak manfaat yang positif bagi anak anak Indonesia karena mereka memiliki masa depan yang bisa diandalkan untuk bangsa dan negara.

“Bahkan anak dengan diabetes melitus masih bisa tumbuh dengan baik dan punya pertumbuhan yang normal dan bisa berprestasi di bidang akademik,” tandasnya.

Baca juga  Personil RSUP Kandou Tandatangani Kontrak Kinerja, Plt. Dirut Harap untuk Jalankan Tugas Sesuai Komitmen

Ia berharap agar kegiatan ini akan terus berlanjut dan RSUP Kandou selalu menyuport serta membantu demi masa depan anak anak Indonesia sehat. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *