RSUP Kandou Telah Laksanakan Diklat Tingkat Rumah Sakit hingga Puskesmas

by -711 Views

Meimonews.com – Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. dr. RD Kandou (akrab disebut RSUP Kandou) telah mampu melaksanakan pendidikan dan latihan (diklat) bukan hanya di tingkat rumah sakit tetapi juga sampai ke Puskesmas.

Penegasan tersebut disampaikan Plt. Dirut RSUP Kandou Dr. dr. Ivonne E. Rotty, M.Kes ketika memberikan sambutan pada acara Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terkait Entomologi Malaria bagi petugas Puskesmas di Hotel Gran Puri Manado, pekan lalu.

Mendampingi dokter Ivonne (sapaan akrab Plt. Dirut) pada kegiatan yang diikuti 25 peserta itu adalah Manager Tim Kerja Diklat, Ns Suwandi Luneto, S.Kep. M.Kes.

Turut hadir Manager SDM RSUP Kandou, Ns Abram Babakal, S.Kep, M.Kes, Manager Hukum dan Humas Ruslianto Urendeng, SH, Asmen Diklat dr. Reamur Moudy Rawung, M.Kes, M.Th.

“Kami sudah melakukan kerjasama di beberapa Kabupaten Kota di Sulut untuk kegiatan Diklat seperti ini,” ujarnya.

Disebutkan, tujuannya RSUP Kandou menggelar Diklat adalah untuk menunjang program dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan yang telah menetapkan 6 pilar tranformasi kesehatan.

“Mengacu dari program pemerintah secara bertahap, bahwa di tahun 2030 kita sudah bebas dari Malaria secara nasional. Tahapannya dimulai dari proses kegiatan Diklat seperti saat ini dengan melatih kader Entomologi Malaria,” jelasnya.

Dokter Ivonne menyampaikan apresiasi kepada panitia, Bagian Diklat RSUP Kandou yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Manado menyelenggarakan Diklat yang sangat bermanfaat untuk menambah kompetensi dari tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas.

“Pelatihan Entomologi Malaria masuk dalam Sistim Informasi Akreditasi Pelatihan (SIAKPEL) bersama 470 kurikulum pelatihan lainnya. Dan semua rumah sakit yang sudah terakreditasi harus mampu melakukan pelatihan yang ada di sistim Informasi Akreditasi Pelatihan,” ujarnya.

Kepada peserta Diklat, dokter Ivonne berharap agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga bisa mengimplementasikan bagaimana cara indentifikasi dan pencegahannya serta penanggulangan Malaria dengan tepat. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143