Pimpin Upacara HKN 2023, Plt. Dirut RSUP Kandou Bacakan Sambutan Menkes RI

by -814 Views

Meimonews.com – Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. RD Kandou (acap disebut RSUP Kandou) menggelar upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di halaman gedung jantung CVBC rumah sakit, Senin (13/11/2023).

Upacara yang diikuti Direksi, staf dan pegawai rumah sakit pemerintah ini dipimpin Plt. Dirut RSUP Kandou Dr. dr. Ivonne Elisabeth Rotty, M. Kes sekaligus membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Menkes menegaskan, tema HKN tahun 2023 yaitu Tranformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju mutlak dilaksanakan, karena menurut amanat UUD 1945, setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan serta negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak.

Pemerintah pusat tidak mampu melakukannya sendiri. “Hanya dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat, enam pilar tranformasi kesehatan bisa kita tegakan untuk perubahan yang lebih baik,” sebutnya.

Baca juga  Pertama di Indonesia Timur, RSUP Prof Kandou Siap Gelar Operasi Transplantasi Ginjal

Menkes mengungkapkan, tranformasi kesehatan adalah tonggak penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju.Tidak hanya di kota kota besar, tranformasi kesehatan harus menjangkau ke seluruh penjuru Indonesia, tidak terkecuali di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan, maupun kepulauan.

“Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya, kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia,” sebut Menkes.

Ditambahkan, tenaga medis, tenaga kesehatan,tenaga pendukung kesehatan, LSM, swasta, media, profesional, akademisi, seluruh pegawai dan pejabat pemerintahan di pusat dan daerah, serta lupa para kader, teruslah semangat, sebab perjuangan kita belum selesai.

Menkes mengajak masyarakat untuk turut membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar kita. “Mari kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat, demi Indonesia Emas 2045,” sebutnya.

Dalam sambutannya, dokter Ivonne (sapaan akrab Plt. Dirut RSUP Kandou)
menyampaikan terima kasih kepada seluruh civitas hospitalia RSUP Kandou yang sudah memberikan yang terbaik bagi RSUP Kandou yang tercinta, baik dari sektor pelayanan kesehatan maupun administrasi.

Baca juga  Vaksinasi Lengkap Dilakukan Secara Masif  Polresta Manado

“Ada banyak pencapaian dan predikat yang diraih oleh RSUP Kandou, yang terakhir RSUP Kandou mendapat penghargaan terfavorit poster dalam versi award Tahun 2023,” ujar dokter Ivonne.

Dalam rangka HKN juga, tambahnya, RSUP Kandou mendapat penghargaan juara 3 SATUSEHAT Award 2023 kategori Most Integrated RS Vertikal, serta penghargaan stand terbaik kategori Rumah Sakit dalam pameran HKN di Jakarta.

Dengan demikian, dokter Ivonne mengajak kepada seluruh civitas hospitalia RSUP Kandou agar teruslah berinovasi memberikan yang terbaik buat RSUP Kandou tercinta.

Usai upacara, diadakan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba kesenian dan olahraga yang diselenggarakan oleh panitia RSUP Kandou dalam rangka HKN Tahun 2023. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *