Dikda Sulut Apresiasi SMA Negeri 8 Manado Lakukan Ujian Portofolio dan Presentasi Esai

by -1308 Views

Meimonews.com – SMA Negeri 8 Manado menggelar ujian sekolah dengan cara berbeda dari sekolah-sekolah lainnya untuk kelulusan siswa kelas 12nya yang berjumlah 267 orang.

Di sekolah pimpinan Dra. Mediatrix Maryani Ngantung, M.Pd ini menggunakan sistem portofolio dan presentase tugas akhir siswa berbentuk esai, yang dilaksanakan Rabu-Senin (12-17/4/2023).

Sistem ini diatur dalam kurikulum Merdeka Belajar. Dari 5 sekolah penggerak di Sulut, baru SMA Negeri 8 Manado yang melakukan ujian seperti ini. Sekolah penggerak lainnya masih menggunakan sistem yang sama dengan sekolah-sekolah lainnya yaitu Ujian Akhir Sekolah (UAS).

Dalam ujian ini, siswa baik perorangan maupun berkelompok mempresentasikan esainya di hadapan guru penguji berjumlah tiga orang yang terdiri dari guru-guru mata pelajaran, guru-guru pembimbing dan pimpinan sekolah.

Baca juga  Wagub Sulut Apresiasi Karya Siswa SMA Negeri 8 Manado

Sebelum para siswa mengikuti program kelulusan ini, mereka telah dibimbing dan dilatih selama tiga bulan oleh beberapa guru pembimbing dan di dampingi pimpinan sekolah.

Di hari terakhir pelaksanaan ujian, Kepala Dinas Dikda Sulut dr. Grace  Lisye Punuh, M.Kes dan Kepala Bidang SMA Dikda Sulut Dr. Sri Ratna Pasiak,  S.Pd, M.Pd mengadakan pemantauan langsung ke dua ruang kelas tempat berlangsungnya ujian. Bahkan, kedua pejabat tersebut ikutan menjadi guru penguji.

Saat pemantauan dua pejabat Dikda tersebut, Kepala SMA Negeri 8 Manado Dra. Mediatrix Maryani Ngantung, M.Pd di dampingi Wakil-wakil Kepala Sekolah.

Kadis Dikda Sulut memberikan apresiasi bagi SMA Negeri 8 Manado dengan adanya ujian sekolah berupa portofolio dan presentasi tugas akhir berbentuk esai ini.

Baca juga  Di Momen Safari Natal, Walikota dan Istri dapat Berkat dari Pastor Paroki Kairagi

Para siswa terlihat cukup persiapannya dan berani mengemukakan ide/gagasan mereka. Dan ini, “menjadi modal bagi mereka untuk nantinya masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” ujar Kadis Dikda. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *