SMA Negeri 8 Manado Gelar Presentasi Esai Siswa untuk Kelulusan

by -1183 Views

Meimonews.com – SMA Negeri 8 Manado menggelar Presentasi Esai untuk kelulusan siswa dengan menggunakan dua ruang kelas sekolah, selama lima hari mulai Rabu (12/4/2023).

Sebanyak 286 siswa kelas 12 baik jurusan IPA, IPS maupun bahasa mengikuti kegiatan portofolio dan penugasan akhir ini untuk kelulusan mereka.

Sesuai jadual yang dikeluarkan sekolah, ada pengelompokkan untuk pelaksanaannya. Jurusan IPA ada beberapa kelompok, jurusan IPA ada beberapa kelompok, demikian pun jurusan bahasa ada beberapa kelompok.

“Ada siswa yang mempresentasikan esainya secara sendiri-sendiri tapi ada pula esai itu dibuat dan dipresentasikan dengan berkelompok,” ujar Kepala SMA Negeri 8 Manado Dra. Mediatrix Maryani Ngantung, M.Pd dalam percakapan dengan Meimonews.com di selĂ  pemantauannya pada kegiatan itu, Kamis (13/4/2023).

Demikian pun para guru penguji. Mereka, sebut Ngantung, dibuat berkelompok. Semua guru mata pelajaran kelas 12 menjadi penguji tapi waktu bertugasnya sudah diatur.

Diungkapkan, sampai dengan hari kedua (Kamis, 13/4/2023), pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.

Pantauan Meimonews.com, para siswa (yang kebetulan berkelompok tiga orang) mempresentasikan esainya dengan baik dan lancar. Demikian pun guru-guru penguji (ada beberapa orang) mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan materi yang dipresentasikan dan mendapat jawaban sesuai dengan yang diharapkan di samping ada masukkan-masukkan untuk maksud memperkuat/memperdalam materi yang dibuat dan dipresentasikan para siswa.

Mantan Kepala SMA Negeri 7 Manado dan SMA Negeri 9 Manado ini menjelaskan, sebelum para siswa mengikuti program kelulusan ini, mereka telah dibimbing dan dilatih selama tiga bulan oleh beberapa guru pembimbing dan di dampingi pimpinan sekolah.

Dari lima sekolah penggerak yang ada di Sulut (2 Manado, 2 Bitung dan 1 Bolmong) baru sekolah ini yang menggunakan cara kelulusan siswa yang menggunakan portofolio dan penugasan akhir, sebagaimana termuat dalam program Merdeka Belajar, tidak seperti sekolah-sekolah lain yang masih menggunakan Ujian Akhir Sekolah (UAS). (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143