6 Imam Baru Ditahbiskan Mgr. Rolly

by -462 Views

Meimonews.com – Uskup Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC menahbiskan enam frater diakon menjadi imam tarekat MSC dan OCD pada misa tahbisan yang diadakan di Gereja Paroki Hati Kudus Yesus (HKY) Karombasan, Sabtu (7/5/2022).

Keenam imam baru tersebut adalah Pastor Bonaventura Farneubun MSC, Pastor Paulus Edi Nugroho MSC, Firalen Vianney Ngantung MSC, Pastor Antonius Obe Haryon MSC, Pastor Robertus Talaroga MSC, dan Pastor Budi Alen Agustinus Yosua Ratag OCD.

Misa tahbisan dipimpin Mgr. Rolly di dampingi Provinsial MSC Indonesia  Pastor Samuel Maranresy MSC, Dewan Komisaris OCD Pastor Remigius Todang OCD, Uskup Emeritus Mgr. Yos Suwatan MSC, Supda MSC Sulkaltim Pastor Herry Purasa MSC, Frater Diakon Firovani Adikila Pr serta puluhan imam diosesan, Tarekat MSC dan Tarekat OCD.

Para imam baru ini, nantinya bertugas di sejumlah tempat baik di wilayah Keuskupan Manado, di Indonesia maupun di luar negeri. Pengumuman penempatan tugas dilakukan oleh masing-masing pimpiman tarekat (MSC dan OCD).

Misa tahbisan yang turut dihadiri sejumlah frater, bruder, suster, orangtua imam baru, perwakilan umat (Rodrigo Elias dan istri), serta undangan terbatas tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan

Baca juga  Dukung Ajakan Uskup Manado, KBK Paroki Gorontalo Berbagi Masker dan Sembako

Upacara tahbisan diwarnai pemilihan calon tahbisan imam, pengikraran janji setia calon imam, litani para kudus, penumpangan tangan, doa tahbisan, pengenaan kasula, pengurapan tangan, penyerahan piala dan patena serta salam damai.

Saat salam damai, yang merupakan rangkaian terakhir upacara tahbisan, uskup Manado memberikan salam damai kepada imam-imam baru tersebut  dengan berkata “damai bersamamu,” yang dijawab para imam baru “dan bersama rohmu.” Setelah itu, para imam yang hadir memberikan salam damai kepada para imam baru.

Dalam sapaannya kepada para calon imam baru di awal upacara tahbisan, Mgr. Rolly (sapaan akrab Uskup Manado) mengatakan, putra-putraku yang tercinta, kamu akan diangkat masuk ke dalam kalangan para imam. Kamu akan menjalankan tugas suci yaitu mengajat di dalam Kristus, Sang Pengajar.

“Wartakanlah kepada semua orang Sabda Allah yang kamu sendiri telah terima dengan suka cita. Seraya merenungkan hukum-hukum Tuhan, jagalah agar kamu tetap percaya akan Sabsa Tuhan dan menjadi teladan dari pengajaranmu,” ujar Mgr. Rolly.

Baca juga  Lanudsri Sasar Minut untuk Serbuan Vaksinasi

Mantan Provinsial MSC Indonesian ini menambahkan, hendaklah pengajaranmu menjadi pegangan bagi umat Allah dan cara hidupmu menjadi kesukaan bagi kaum Kristiani agar dengan perkataan dan teladanmu, kamu membangun rumah yaitu Geteja Allah.

Demikian pula, sebut Mgr. Rolly, kamu akan menjalankan tugas menguduskan di dalam Kristus. Karena oleh pelayananmu kurban rohani dari umat akan dipersembahkan dalam persatuan dengan kurban Kristus.

“Melalui tanganmu kurban itu akan dipersembahkan secara tidak berdarah di atas altar dalam Perayaan Ekaristi. Oleh karena itu, perhatikanlah apa yang kamu lakukan dan teladanilah apa yang kamu jalankan. Yakni, seraya merayakan misteri wafat dan kebangkitan Tuhan, hendaklah kamu berusaha mematikan anggota-anggota tubuhmu dari segala jenis kejahatan dalam cara hidup yang baru,” tegas uskup.

Usai misa tahbisan diadakan syukuran / ramah tamah di aula Paroki yang berada di samping pastoran / gereja. (lk)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *