Wakili Rektor Unsrat, Prof. Fabian Manoppo jadi Keynote Speaker Talkshow Hari Air Dunia 2024

by -1446 Views

Meimonews.com – Rektor Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng, IPU Asean Eng yang diwakili Dekan Fakultas Teknik (Fatek) Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Fabian J. Manoppo, Agr. menjadi keynote speaker Talkshow Hari Air Dunia (HAD) tahun 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dekanat Lantai 5 Fakultas Teknik Unsrat Manado,  akhir pekan lalu ini menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi Ir. Sugeng Harianto, M.Si, MT dan Kepala Bapelitbang Kota Manado Dr. Linny, Tambajong, ST, M.Si.

Bertindak sebagai moderator pada talkshow yang mengangkat tema Water for Peace (Air untuk Perdamaian) ini adalah Dr. Jeffry Sumaraw, MT yang adalah dosen Fatek Unsrat Manado.

Prof. Fabian menegaskan, potensi air tanah di Kota Manado saat ini sudah sangat kecil, yang diakibatkan oleh eksplorasi air tanah yang semakin tinggi.

“Persoalannya, pertama, karena perkembangan kota, di mana saat ini kita menjadi kota bisnis; kedua, sumber air tanah seperti hutan, semakin kecil, karena kita dituntut untuk perkembangan perumahan, jalan, dan sebagiannya serta adanya pencemaran air,” ujarnya.

Untuk itu, tambahnya, para pengambil kebijakan, kalau bisa kita sama-sama menjaga, bersinergi untuk sama-sama melihat permasalahan dan memecahkan secara komunikatif demi menjaga air untuk generasi yang mendatang.

Baca juga  Unsrat Gelar Raker, Rektor Ingatkan Empat Hal

Adapun dari paparan talkshow yang dilaksanakan, disebutkan beberapa program penyediaan air baku yang dilaksanakan oleh Balai Sungai, antara lain pembangunan intake sarana air baku di beberapa daerah seperti di Kepulauan Sangihe, Talaud dan di Minahasa Utara, serta pembangunan prasarana air baku di Bendungan Lolak dan Bendungan Kuwil Kawangkoan.

Dirjen SDA Kementerian PUPR
Bob Arthur Lombogia, dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan HAD dilaksanakan seiring dengan Pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke 10, yang akan diselenggarakan di Bali pada Mei mendatang, sehingga tema HAD di tahun ini yakni Water for Peace (Air Untuk Perdamaian).

“Melalui tema ini, kita ketahui bersama bahwa peran air dalam kehidupan manusia adalah sangat penting. Oleh sebab itu, pengelolaan sumber daya air adalah suatu hal yang harus kita lakukan secara bersama-sama agar air dapat terjaga baik dari segi kuantitas, kualitas, maupun kontinuitas daripada air itu sendiri untuk kehidupan kita manusia,” ujarnya

Lombogia berharap, kegiatan talkshow dapat menghasilkan buah-buah pikiran, ide-ide maupun inovasi dalam rangka pelestarian sumber daya air untuk diwariskan kepada anak cucu di masa mendatang.

Baca juga  Rektor Unsrat Lepas Mahasiswa KKT Angkatan 138 Unsrat Manado

Doktor Linny dalam pemaparan materinya mengungkap pentingnya upaya penyelamatan dan latar belakang penyediaan air minum.

Dalam pasal 33 UUD 45 disebutkan, bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Pasal 28H (1) Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

Menguatkan point ini, doktor Linny menyebutkan, Deklarasi Majelis Umum PBB bahwa air bersih dan sanitasi sebagai Hak Asasi Manusia.

Disebutkan pula 6 Prinsip Dasar Pengelolaan SDA (Putusan MK No. 85/PUU-XI/2013) Negara harus memenuhi Hak Rakyat Atas Air; Target 6 SDGs : air bersih menjamin Ketersediaan dan keberlanjutan pengelolaan air; RPJMN Indonesia (2020-2024, Universal Access (100%) Sektor Air Minum; serta Renstra PUPR (2020-2024) 100 persen Air Minum Layak.

“Amanah itu menyatakan bahwa tugas negara untuk menyediakan air minum layak,” ujarnya dalam pemaparan materinya yang berjudul Solusi dan tantangan Indonesia hadirkan akses air bersih di daerah terpencil. (FA)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143