Meningkat Signifikan, Kepuasan Stakeholder dan Budaya Keselamatan Pasien di RSUP Kandou

by -868 Views

Meimonews com – Berbagai langkah dan upaya yang dilakukan pimpinan RSUP Prof. Dr. RD Kandou (sering disebut RSUP Prof. Kandou) sangat terasa  bagi stakeholder (pemangku kepentingan) termasuk pasien dan keluarganya.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Tim Survei dari Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Unsrat, untuk semester II Juli-Desember 2022, terlihat adanya peningkatan yang signifikan. Ada kepuasaan signifikan pemangku kepentingan dan budaya keselamatan pasien RSUP Prof. Kandou.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama RSUP Prof. Kandou Manado Dr. dr. Jimmy Panelewen, SpB-KBD di acara Pemaparan Hasil Survey Kepuasan Pemangku Kepentingan (Stakeholder) dan Budaya Keselamatan Pasien RSUP Prof. Kandou Manado, baru-baru. “Dari 5 area survey, hanya 1 yang mengalami penurunan,” ujarnya.

Baca juga  Walau Libur Bersama, Dukcapil Manado tetap Buka Loket Pelayanan

Dokter Jimmy, sapaan akrab Dirut, mengatakan, survey ini merupakan upaya untuk mendapatkan gambaran untuk managemen agar supaya ada langkah-langkah yang diambil dalam kebijakan serta regulasi yang akan dibuat, yang nantinya berdampak kepada pelayanan yang lebih baik.

“Ini merupakan surveyor yang obyektif karena dikerjakan oleh teman-teman di luar RSUP Prof. Kandou,” tandas dokter Jimmy.

Ke depan, sambungnya, akan ada survey lagi untuk menjadi template basic yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dokter Jimmy berharap, apapun yang menjadi hasil dari survey tersebut, itu merupakan upaya dan kontribusi semua.

Di dampingi Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr. dr. Ivonne E. Rotty, M.Kes, dokter Jimmy menyampaikan terima kasih kepada Dr. dr. Alda Manampiring,  M.Kes, bersama tim yang sudah memaparkan hasil survey untuk RSUP Prof. Kandou.

Baca juga  Persiapan Survey Standar Akreditasi Kemenkes, RSUP Kandou Gelar Akreditasi Internal

Tujuan dari survey tersebut adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit, untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter PPDS, untuk mengetahui tingkat kepuasan karyawan terhadap managemen rumah sakit.

Selain itu, untuk mengetahui tingkat kepuasan karyawan terhadap pelayanan dokter PPDS, dan untuk mengetahui tingkat kualitas penerapan budaya keselamatan pasien di RSUP Prof. Kandou. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *