Kerjasama WHIT dan Unsrat Diharap jadi Tonggak Sejarah Pendidikan dan Simbol Konkrit Kerjasama Pertukaran Ilmu Indonesia dan Tiongkok

by -1320 Views

Meimonews.com – Kerjasama yang sudah terjalin antara Wuhu Institute of Technologi (WHIT) dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado diharapkan tidak hanya menjadi tonggak sejarah bagi dunia pendidikan di daerah ini (Sulawesi Utara) tetapi juga menjadi simbol konkrit dari semangat kolaborasi dan pertukaran ilmu pengetahuan antara negara Republik Indonesia dan negara Tiongkok (RRC).

Harapan tersebut disampaikan Gubernur Sulut Prof. Dr. (HC) Olly Dondokambey, SE dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Sulut Steve Hartke Andries Kepel, ST, M.Si pada acara Launching Luban Workshop dan Program Student Exchange, Sabtu (27/4/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di Lantai 5 Fakultas Teknik (Fatek) Unsrat Manado ini dihadiri President Wuhu Institute of Technology Mr. Gao Wu, Direktur PT Conch Cement Wilayah Indonesia dan Direktur Utama Conch North Sulawesi Clement Mr. Chen Xiaobing, Rektor Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng. IPU Asean Eng, Ketua DPRD Sulut dr. Fransiskus Andi Silangen, Sp.B-KBD, Komisaris BSG.

Hadir juga para Wakil Rektor, pimpinan lembaga Unsrat, para Dekan, sejumlah tamu/undangan lainnya serta sejumlah mahasiswa yang ikut dalam Program Student Exchange.

Dikemukakan, kerjasama yang telah terbangun antara Wuhu Institute of Technology dengan Unsrat Manado memperkuat fondasi untuk kemajuan bersama dalam bidang pendidikan dan teknologi.

Kegiatan ini, menurut gubernur, menjadi bukti nyata kerjasama antar lembaga pendidikan dan industri yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan serta mendukung pengembangan SDM yang berkualitas, serta memperkuat fondasi untuk kemajuan bersama di bidang pendidikan dan teknologi.

Baca juga  Program Guru Penggerak Diharapkan jadi Pendorong Peningkatan Kualitas Pendidikan di Manado

“Melalui program ini, telah dilahirkan sebuah platform untuk mahasiswa kedua institusi ini, di mana dengan semangat kebersamaan dan kerja keras kita yakin akan mencapai prestasi-prestasi yang membanggakan,” ujar Kepel mengutip sambutan gubernur.

Sekretaris Daerah Sulut Steve Hartke Andries Kepel, ST, M.Si saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulut Prof. Dr. (HC) Olly Dondokambey, SE

Memperkuat pernyataan itu, gubernur mengutip kalimat bijak dari seorang filsuf dari China yakni Lao Tzu yang mengatakan kebaikan di dunia menciptakan keyakinan. Kebaikan dalam berpikir menciptakan kehebatan. Kebaikan dalam memberi akan menciptakan cinta.

“Mari kita sambut dengan tangan terbuka kesempatan berharga ini untuk membuka peluang baru bagi generasi muda kita,” ajak gubernur yang mendapat gelar Profesor Honoris Causa dari WHIT ini.

Rektor Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng. IPU Asean Eng

Gubernur yakin melalui kolaborasi yang kuat dan semangat kebersamaan kita akan mencapai kesuksesan yang lebih besar lagi di masa depan.

Rektor Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng. IPU Asean Eng di awal sambutannya menjelaskan, kegiatan yang disepakati antara Unsrat dan Wuhu Institute of Technology adalah pertukaran mahasiswa sebanyak 35 mahasiswa Unsrat dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Mahasiswa ini akan mengikuti Program Kuliah E-Commerce selama 1,5 Tahun, demikian pula mahasiswa dari Wuhu Institute of Technology akan berkuliah di Unsrat.

Baca juga  Unsrat Gelar Raker, Rektor Ingatkan Empat Hal

Unsrat, sebut Rektor, berterima kasih atas bantuan dari PT Conch Cement berupa laboratorium (Luban Workshop) yang diresmikan saat itu.

Rektor berharap, kerjasama ini memberikan kontribusi positif dalam pembentukan generasi muda yang siap menghadapi tantangan dunia kerja dengan modal pengetahuan dan teknologi yang terdepan.

“Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat baik Unsrat, Wuhu Institute of Technology maupun PT Conch Indonesia,” ujar Rektor dan berharap pula agar alumni Unsrat dapat dapat diterima bekerja di PT Conch Cement.

President Wuhu Institute of Technology Mr. Gao Wu saat memberikan sambutan

President WHIT Mr. Gao Wu dalam sambutannya mengurai bagaimana awal mula kerjasama antara WHIT dengan Unsrat Manado dan apa saja hal-hal yang diharapkan dalam kerjasama ini.

Ia berharap, kerjasama yang sudah terjalin dengan baik ini akan terus berjalan bahkan ditingkatkan di waktu-waktu mendatang.

Direktur PT Conch Cement Wilayah Indonesia Mr. Chen Xiaobing dalam sambutannya mengatakan, dengan terjalinnya kerjasama ini, akan memberikan sumbangsih yang besar di bidang pendidikan antara RRC dan Indonesia.

Mr. Chen percaya, dengan kerja keras dua perguruan tinggi ini, hasil yang dicapai dapat menjadi contoh yang baik bagi dunia pendidikan kedua negara.

“Tentunya Conch Cement akan selalu me jadi teman yang selalu hadir dan turut membantu dalam kerjasama ini, mewujudkan pertukaran informasi, saling melengkapi,” ujarnya. (FA)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *