46 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Manado Praktik di RSUP Kandou

by -541 Views

Meimonews.com – Sebanyak 46 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Manado melakukan praktik di Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. DR Kandou (akrab disebut RSUP Kandou atau RS Kandou).

Program praktek ini merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan mereka, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung di lapangan dan memperdalam pemahaman mereka tentang dunia medis.

Selain itu, memberikan pemahaman yang lebih baik tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD, Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit (K3RS), dan Covid-19.

Sebelum melakukan praktik, mahasiswa tersebut menjalani program orientasi di rumah sakit pemerintah tersebut, Selasa (20/2/2024).

Kegiatan tersebut dibuka Plh. Direktur Utama dr. Wega Sukanto, SpB.TKV, di dampingi Plt. Direktur SDM Pendidikan dan Penelitian Ns Suwandi I Luneto, S.Kep, M. Kes.

“Terima kasih telah memilih RSUP Kandou sebagai tempat belajar adik-adik Mahasiswa, dengan bertujuan untuk mendapatkan kompetensi dari peserta Diklat,” ujar Sukanto dalam sambutannya

Baca juga  Tinggal Beberapa Hari, Mingkid Ajak Wajib Pajak Manfaatkan Program Tiga Keringanan Hebat Lanjutkan

Direktur Layanan Operasional ini mengemukakan, selama praktik, mahasiswa akan bekerjasama dengan dokter dan tenaga medis profesional lainnya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien.

“Program praktik ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang telah mereka pelajari di kampus ke dalam praktik nyata. Mereka akan terlibat dalam berbagai tugas dan prosedur medis, seperti observasi pasien, serta membantu dalam proses diagnosa dan perawatan pasien,” sebutnya.

Dalam pelatihan ini lanjut Direktur termuda rumah sakit vertikal di lingkungan Kementerian Kesehatan ini, selain etika profesional, kerjasama tim, dan berbagai aspek lain yang terkait dengan pelayanan kesehatan,

Direktur termuda rumah sakit vertikal di lingkungan Kemenkes RI ini menyampaikan pula Instruksi dari Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/1512/2023, tentang Pencegahan dan Penanganan Perundungan Terhadap Peserta Didik Pada Rumah Sakit Pendidikan di Lingkungan Kementerian Kesehatan

Baca juga  Kemenkes Keluarkan Petunjuk Soal Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

“Setiap peserta didik atau magang di RS Kandou, kami wajib untuk sosialisasikan instruksi dari Menteri Kesehatan RI, terkait dengan regulasi perundungan,” tandasnya

Praktek ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Manado, serta mempersiapkan mereka untuk menjadi tenaga medis yang berkualitas dan berkompeten di masa depan.

RSUP Kandou dan Universitas Muhammadiyah Manado berkomitmen untuk terus menjalin kerjasama dalam mendukung pendidikan medis yang berkualitas

Diketahui, RSUP Kandou merupakan rumah sakit umum pusat yang institusi diklatnya sudah terakreditasi secara nasional, telah menjalin kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Manado untuk memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan klinis mereka. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143