Dihadiri Gubernur, Momen Puncak Dies Rektor Harap Fakultas Hukum dapat Berkompetisi dalam Pencapaian Akreditasi PS Unggul

by -931 Views

Meimonews.com – Fakultas Hukum Unsrat mengadakan Puncak Peringatan Dies Natalisnya ke-65 yang mengangkat tema Maju bersama dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dalam Rapat Terbuka Senat Fakultas yang dipimpin Ketua Senat Dr. Donald  Mawuntu di halaman fakultas, Selasa (22/8/2023).

Hadir pada acara tersebut di antaranya Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng Asean IPU,  Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Ir. Grevo Soleman Gerung, M.Sc, Wakil Rektor 2 Dr. Ronny Maramis, SH, MH, Wakil Rektor 4 Prof. Dr. Ir. Sangkertadi, M.Sc, pimpinan lembaga tingkat Unsrat, para Dekan se-Unsrat, Forkopimda, Bupati Minsel Frangky Wongkar, SH (alumni Fakultas Hukum Unsrat), undangan lainnya serta dosen, staf, mahasiswa dan alumni civitas akademika Fakultas Hukum Unsrat.

Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng Asean IPU saat memberikan sambutan

Di penghujung rapat yang sekaligus merupakan salah satu acara utama, Gubernur Sulut diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi ilmiah. Gubernur yang di salah satu Universitas di Cina memberikan gelar profesor (yang dalam sambutan Rektor menyebut pak Gubernur dengan sebutan Profesor Olly Dondokambey) membawakan orasi ilmiah dengan judul Sinergi Kebijakan dan Strategi Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara.

Di awal sambutannya,  Rektor menyampaikan banyak selamat kepada fakultas hukum karena boleh memasuki usia yang ke-65 (Fakultas Hukum hadir pada 1 Agustus 1958 – Red).

Baca juga  Unsrat dan Polnustar Catat Sejarah Baru Pelaksanaan UTBK SNBK

Usia yang ke 65, sebut Rektor adalah usia yang matang bagi dunia pendidikan sehingga ia berharap fakultas hukum dalam program ke depan dapat berkompetisi baik secara internal maupun eksternal dalam pencapaian akreditasi program studi  yang Unggul.

Dekan Fakultas Hukum Unsrat Dr. Emma VT Senewe, SH, MH saat memberikan laporan

“Pencapaian indikator utama maksimal. Akreditasi internasional sehingga dapat menjadi salah satu tumpuan tugas menuju institusi Unsrat Unggul dan Berbudaya,” ujarnya mengandung harapan.

Rektor memuji panitia yang bisa menghadirkan Gubernur Sulut Prof. Olly Dondokambey untuk menyampaikan orasi ilmiah terkait dengan keberhasilan otonomi daerah  termasuk aspek hukum yang menjadi social enginering dalam pembangunan Sulawesi Utara.

Kepada gubernur, Rektor menyampaikan terima kasih atas perhatian yang cukup besar bagi Unsrat.

Dekan Fakultas Hukum Unsrat Dr. Emma VT Senewe, SH, MH dalam laporannya mengungkapkan keberadaan fakultas yang dipimpinnya baik jumlah mahasiswa, tenaga dosen maupun program-program yang telah dilakukan dan akan dilakukan dalan kepemimpinan empat tahun ini.

Sejumlah keberhasilan yang dicapai di tahun 2022-2023 oleh mahasiswa, dosen dan institusi dipaparkan Senewe disertai data-data yang ada. Beberapa kerjasama dengan pihak ketiga termasuk dalam lembaga/institusi pendidikan tinggi disebutkannya.

Baca juga  Kunjungi Unsrat, Dewan Pers Dorong Penerapan Etika Jurnalistik yang Tinggi

Ketua Panitia Dies Toar Palilingan, SH, MH dalam laporannya menjelaskan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan panitia sejak dicanangkan (pada acara pembukaan yang dibuka pelaksanaannya oleh Rektor, beberapa waktu lalu).

Ada sejumlah kegiatan sosial yang dilakukan seperti anjangsana ke panti-panti asuhan sekaligus memberikan sumbangan, ziarah ke makam-makam mantan Dekan, pertandingan olahraga dan kuliah umum dari Ketua KPK-RI Komjen Pol. Purn. Firly dan di momen acara puncak ada orasi ilmiah dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Palilingan berterima kasih karena ketika ia dan Dekan bertemu dengan Gubernur, beliau langsung menyatakan kesediaannya untuk hadir dan memberikan orasi ilmiah.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-65 Fakultas Hukum Unsrat Toar Palilingan, SH, MH saat memberikan laporan

Di awal orasinya, Gubernur menyampaikan terima kasihnya atas kontribusi Fakultas Hukum Unsrat baik untuk daerah Sulut maupun Indonesia. Itulah sebabnya, Gubernur berharap dukungan dari civitas akademika termasuk alumni untuk berperan dalam mendorong kemajuan pembangunan di daerah ini.

Acara puncak diakhiri pemasangan dan peniupan lilin oleh Gubernur di dampingi Dekan, Ketua Panitia dan pimpinan senat. (FA)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *