Didukung RSUP Kandou, Kodam XIII/Mdk Gelar Donor Darah

by -861 Views

Meimonews.com – Memperingati HUT ke-65 Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Mdk dan didukung Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. RD Kandou (akrab disebut RSUP Kandou) pimpinan Dr. dr. Jimmy Panelewen, SpB, KBD menggelar kegiatan donor darah di Aula Grhadika Jaya Sakti Makodam, Rabu (7/6/2023).

Kegiatan yang dibuka pelaksanaannya oleh Kasdam XIII/Mdk Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S.Sos, M.Si mewakili Pangdam Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh ini turut dihadiri Istri Pangdam, Pengurus Persit Kartika Candra Kirana, Kepala Rumkit Tk 2 RW Mongisidi dan jajaran Kodam.

Sebanyak 234 orang bersiap dan bersedia menjadi pendonor darah. Namun, dari jumlah tersebut hanya 184 orang yang lolos pemeriksaan dan diambil darahnya sementara 50 orang tidak bisa donasi karena tekanan darah tinggi atau rendah, kadar Hb kurang 12,7 atau lebih 17 dan lain-lain.

Baca juga  Kapolresta dan Wakapolresta Ikutan Kerja Bedah Rumah Polresta Manado di Malendeng

Beberapa pejabat utama Kodam dan istri mereka yang tergabung dalam organisasi Persit (Persatuan Istri Tentara) terlihat ikut mendonorkan darahnya dan lolos dalam pemeriksaan.

Di kesempatan itu, sebut Kepala UTD RSUP Kandou dr. Stephen Lapian kepada Meimonews.com, usai kegiatan, ada dua ibu Persit baru pertama kali mendonorkan darahnya yang berkenan ikut dalam kegiatan donor dara ini di momen HUT Kodam XIII/Mdk.

Dalam sambutannya, Kasdam mewakili Pangdam mengungkapkan, kegiatan donor darah dalam rangka HUT Kodam tahun ini dilaksanakan serentak di tiga tempat wilayah kerja Kodam XIII/Mdk, selain di Markas Kodam.

Disebutkan, kegiatan donor darah akan dilakukan di setiap perayaan di Markas Kodam dan wilayahnya dengan maksud untuk membantu masyarakat yang membutuhkan donor darah.

Baca juga  Sebanyak 2.010 Kantong Darah Berhasil Dikumpulkan UTD RSUP Kandou Desember 2022

Banyak kali bila ada masyarakat menghubungi,  maka Kasdam bertanya perlu berapa pendonor dan sejumlah itu yang dikerahkan menuju UTDnya. “Kodam memiliki data lengkap golongan darah anggota,” ujar Kasdam. (AF)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *