Didukung WKRI Kleak, PPP Brimob Gelar Diseminasi Informasi P4GN

by -999 Views

Meimonews.com – Dengan didukung oleh WKRI Ranting Kleak pimpinan Merry Kaunang, PPP (Perhimpunan Putra Putri) Brimob menggelar Diseminasi Informasi P4GN bagi OMK Kleak di salah satu rumah anggota, Kamis (30/3/2023) malam.

Ada dua pembicara pada kegiatan tersebut yakni Subkorbid Pencegahan dan Pemberdayaan  Masyarakat (P2M) Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulut Melky Kakomore, S.Theol dan Ketua PPP Brimob Lexie Kalesaran.

Ketua PPP Brimob Lexie Kalesaran sedang memberikan materi

Kakomore membawakan materi tentang Strategi BNN dalam Upaya P4GN sedang Kalesaran membawakan materi Bahaya Narkoba (Aspek Resiko dan Protektif Generasi Muda terhadap Narkoba).

Dijelaskan Kakomore, ada dua strategi yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yakni demand reduction dan supply reduction.

Strategi P4GN melalui demand reduction, urainya, terdiri dari Pencegahan penyalahgunaan narkotika kepada masyarakat; Pemberdayaan masyarakat dalam P4GN; Mendorong pecandu narkotika melaporkan diri untuk direhabilitasi; dan melakukan rehabilitasi medis dan sosial serta pasca rehab.

Baca juga  ME Gelar Misa World Marriage Day di Momen Valentine Day
Kakomore saat menyampaikan materi

Strategi P4GN melalui supply demand terdiri dari Memberantas jaringan peredaran gelap narkotika; Melakukan kerjasama nasional dan internasional; Memperkuat interdiksi mencegah masuknya narkotika; dan Memiskinkan jaringan dan sindikat narkotika.

Kalesaran, dalam pemaparan materinya, mengawalinya dengan menjelaskan apa itu narkoba, jenis-jenis narkoba dan bahaya penyalahgunaannya, penyebab penyalahgunaan narkoba baik oleh karena faktor internal yakni keluarga, ekonomi dan kepribadian, maupun karena faktor eksternal yakni pergaulan dan sosial masyarakat.

Menurut penggiat dan relawan anti narkoba Sulut yang telah banyak melaksanakan kegiatan sosialisasi bahaya narkoba ini menyebutkan empat aspek resiko yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba. Aspek resiko itu adalah merugikan pribadi/individu, merugikan keluarga, merugikan masyarakat, dan merugikan negara.

Baca juga  WKRI dan VPI Minut Berkolaborasi untuk Gelar Donor Darah

Disebutkan pula beberapa kepribadian remaja yang rentan terhadap penyalahgunaan narkoba, di mana hal ini menjadi potensi pasar potensial bagi pengedar, bandar dan pemilik pabrik narkoba.

Salah satu peserta diseminasi bertanya di momen tanya-jawab

Ada beberapa tips/langkah/upaya yang perlu dilakukan guna terhindar dari penyalahgunaan narkoba, Hal ini harus dibuat oleh generasi muda yang adalah generasi penerus dan pemimpin di masa depan.

Ketua Komunitas Tolak Narkoba (KTN) ini berharap agar generasi muda termasuk OMK Kleak berperan dalam upaya P4GN setelah mendapat informasi lewat diseminasi ini. “Partisipasi masyarakat termasuk generasi muda dalam upaya P4GN telah diatur dalam UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” ujarnya. (*)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *