Bupati Minahasa Luncurkan DD, BLT dan Program Ekosistem Desa

by -718 Views

Meimonews.com – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, IPU Asean Eng melaunching (meluncurkan) Dana Desa (DD),  Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Program Ekosistem Desa Tahun 2023 bertempat di Aula Benteng Moraya Tondano, Selasa (21/3/2023).

Bersamaan dengan itu, Bupati Minahasa menyerahkan Piagam Penghargaan dan Lencana Desa Mandiri kepada 105 Hukum Tua serta meresmikan hasil-hasil pembangunan desa selang tahun 2022.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPPN Manado yang dengan cepat dalam penyaluran ADD dan DAK fisik di Kabupaten Minahasa serta kepada BPJS Ketenagakerjaan atas kepeduliannya terhadap pekerja rentan desa melalui Program Ekosistem Desa.

Menurutnya, Minahasa patut berbangga karena tahun 2023 ini sudah ada 105 dari 227 desa yang berpredikat desa mandiri dan merupakan terbanyak di Sulawesi Utara.

Baca juga  Bupati Minahasa : Akreďitasi RSUD Samrat Tondano Sangat Penting

”Penyerahan piagam penghargaan dan lencana desa kepada Desa Mandiri adalah bentuk apresiasi dari Kementerian Desa PDTT dan Pemerintah Daerah kepada 102 desa dan Hukum Tua yang sudah berhasil membawa kemajuan bagi desanya,” ujar Bupati.

Dijelaskan, dibanding tahun 2018 lalu sejak ia dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, SSI, MM MAP baru menjabat, Kabupaten Minahasa belum memiliki Desa Mandiri.

Bupati menyampaikan apresiasinya kepada 82 desa yang sudah menuntaskan persyaratan penyaluran Dana Desa tahap pertama dan BLT sehingga sudah bisa disalurkan.

”Laksanakan program dan kegiatan dana desa sesuai APB Desa dengan mengacu pada ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. Camat harus mengawal dan mengawasinya agar tidak bersentuhan dengan masalah hukum,” ujar Bupati.

Baca juga  Bupati Minahasa Hadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda  2023 yang Dibuka Presiden Jokowi

Sesuai ketentuan, pengalokasian dana untuk BLT desa berada pada kisaran 10-25 persen, ketahanan pangan nabati dan hewani minimal 20 persen dan operasional Pemerintah Desa maksimal 3 persen dari pagu Dana Desa.

”Saya ingatkan lagi kepada Hukum Tua agar tidak menyalurkan Dana Desa pada batas akhir waktu yang diberikan seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya.

Kepada 145 desa yang belum melengkapi persyaratan penyaluran Fana Desa diingatkan agar segera menyelesaikannya di bulan Maret ini. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *