Limbah B3 Beberapa Rumah Sakit dan Faskes Sudah Ditangani PD Pembangunan Sulut

by -656 Views
Exif_JPEG_420

Meimonews.com – Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Sulut terus menggeliat. Selain menangani parkir berbayar di beberapa lokasi dan terus akan menyasar beberapa lokasi, perusahan ini mengembangkan sayapnya dengan menangani limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

Saat ini, ungkap Direktur Perencanaan dan Keuangan PDPS Olvie Atteng dalam percakapan dengan Meimonews.com, baik di kantornya yang terletak di Bumi Beringin maupun di lokasi perparkiran RSUD ODSK, jalan Bethesda Manado, Kamis (16/3/2023), sudah ada beberapa rumah sakit / fasilitas kesehatan yang limbah B3nya ditangani PDPS.

“Saat ini, kami sudah menangani limbah B3 dari beberapa rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Ada yang sudah berjalan dan ada yang tinggal diangkut,” ujar Atteng.

Baca juga  Rektor Unsrat tidak Alergi dengan Kritik

Mantan Kepala Bapenda Sulut ini lantas merincikan rumah-rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya yang limbah B3nya yang telah ditangani yakni RSUD Manembo-nembo Bitung dan Palang Merah Indonesia (PMI), serta RSUD ODSK dan RS Mata SMEC.

Atteng menambahkan, beberapa rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya sedang dalam tahapan persiapan penandatangan memorandum of understanding (MoU) serta beberapa lainnya sementara dalam penjajakan.

Ditemui terpisah, Manager Operasional PDPS Sonny Runtuwene mengatakan, dalam penanganan limbah B3, PDPS bekerjasama dengan vendor yang memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku serta memiliki kualifikasi/kompetensi yang diperlukan.

Pihak ketiga (vendor) ini yang melakukan pekerjaan mulai dari lokasi adanya limbah B3 hingga tahapan pengelolaan akhir / pemusnahan di Wasteg Internasional Jakarta, yang dikirim dengan menggunakan kapal laut.

Baca juga  Ditetapkan, Tiga Calon Dekan FISIP Unsrat Manado Periode 2024-2028

Penanganan limbah B3, menurut Runtuwene, mengacu pada Peraturan Pemerintah RI No. 101 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. 56 Tahun 2015 tentang Peraturan Pengelolaan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya Fasilitas Kesehatan.

PDPS saat ini dipimpin Frangky Paat sebagai Direktur Utama di dampingi Olvie Atteng (Direktur Perencanaan dan Keuangan) dan Eddy Sepang (Direktur Operasional) serta Sonny Runtuwene (Manager Operasional) dan Voura Kumendong (Manager Perencanaan). (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *