Tim Keuskupan Manado Sosialisasikan APP kepada Pimpinan Umat Paroki Gorontalo dan Kaaruyan

by -724 Views
Exif_JPEG_420

Meimonews.com – Tim Keuskupan Manado mengadakan sosialisasi Aksi Puasa Pembangunan (APP) Tahun 2023 kepada Pimpinan Umat Paroki St. Kristoforus Gorontalo dan Paroki St. Theodorus Kaaruyan.

Kegiatan sosialisasi kepada pimpinan umat dari dua paroki di Provinsi Gorontalo ini diadakan di Aula Paroki St. Kristoforus Gorontalo, Sabtu (11/2/2023).

Kegiatan diawali pengantar kata oleh Pastor Paroki St. Kristoforus Pastor Ronny Singal Pr, setelah doa pembukaan untuk seterusnya pemaparan materi oleh Ketua Komsos Keuskupan Manado Pastor I Made Pantyasa dan Direktur Diosesan KKI Manado Marson Pungis Pr.

Pastor Singal mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan sosialisasi ini sehingga diharapkan pimpinan umat yang mendengarkan sosialisasi ini bisa diteruskan ke seluruh umat yang ada di paroki.

Baca juga  Cuaca Ekstrim Warga Diimbau Waspada dan Siaga

Disampaikan terima kasih kepada Tim Keuskupan Manado yang akan menyampaikan sosialisasi ini karena sangat bermanfaat bagi umat Katolik di dua paroki ini.

Pastor Wayan mengulas tentang  catatan awal APP kemudian menjelaskan tema APP 2023-2025 dan khusus tahun 2023 adalah Keterlibatan Gereja dalam mewujudkan gerakan sosio-ekonomi berkeadilan ekologis.

Pastor Wayan juga mengulas tentang titik tolak tema : sadar akan realitas krisis, mendalami tema keadilan eko-sosial;  mendalami tema keadilan ekologis; menemukan 3 akar/penyebab krisis ekologis; enam amanat Injil dan ajaran Gereja.

Selain itu, tema 2023 : keadilan ekologis bagi seluruh ciptaan (semakin mengasihi dan lebih peduli); Keuskupan Manado berAPP; inspirasi iman; dan aksi dan gerakan : makin mengasihi dan lebih peduli.

Baca juga  KAPOLDA SULUT PIMPIN SERTIJAB WAKAPOLDA, 2 KAPOLRES DAN PELANTIKAN DIRTAHTI

Pastor Marson akan membawakan materi identifikasi situasi paroki/stasi/wilayah rohani dan kelompok kategorial. Diadakan perumusan masalah di tiap paroki dan cara menyelesaikannya.

“Materi ini dibahas dalam diskusi kelompok dan dipresentasikan pada diskusi pleno. Model seperti ini dilakukan hingga tingkat wilayah rohani, stasi dan kelompok kategorial,’ ujar Sergio Saeh, anggota Tim Sosialisasi kepada Meimonews.com di sela kegiatan. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *