Unsrat Buktikan sebagai Salah Satu Perguruan Tinggi yang Telah Terapkan Teknologi Blookchain

by -377 Views
Exif_JPEG_420

Meimonews.com – Berbagai upaya dilakukan pimpinan, staf dan jajaran Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado agar perguruan tinggi ini selain dibanggakan tapi juga benar-benar memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dunia pendidikan bukan hanya di daerah ini tapi juga Indonesia bahkan dunia.

Salah satu yang berhasil dilakukan adalah menerapkan teknologi kekinian untuk menjaga dan melindungi data akademik lewat teknologi blookchain.

“Unsrat Manado membuktikan diri sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang mampu menerapkan tekonologi kekinian untuk menjaga dan melindungi data akademik, yakni teknologi blookchain,” ujar Rektor Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Octavian Berty Alexander Sompie, M.Eng seperti dikutip Humas  Drs. Max Rembang, M.Si kepada Meimonews.com di Manado, Rabu (1/2/2023).

Diketahui, Blockchain adalah teknologi penyimpanan data secara terdistribusi yang menggunakan penanda digital dengan teknologi kriptografi. Dengan adanya teknologi blockchain, data dan dokumen digital yang telah dibuat tidak dapat diubah lagi sehingga meningkatkan keamanan dan integritas data tersebut.

Baca juga  Unsrat Juara II Pengelolaan Pojok Statistik Perguruan Tinggi Tahun 2022

Diungkapkan, setiap pembaruan terhadap data dicatat dan dapat ditelusuri kembali sehingga memudahkan untuk mendeteksi perubahan data secara ilegal.

Dengan suksesnya implementasi teknologi blockchain ini, sebutnya, semua data, dan dokumen digital yang tersimpan di pangkalan data Portal INSPIRE sebagai portal layanan akademik di Unsrat terlindungi.

Humas Unsrat Drs. Max Rembang, M.Si

“Blockchain menjadi single and trusted view of the truth untuk semua data yang terlibat dalam proses akademik untuk mahasiswa, dari awal masuk hingga studinya selesai,” paparnya.

Menurutnya, pengimplementasia teknologi blockchain menjadi bagian dari upaya Unsrat untuk meningkatkan kualitas keamanan layanan data akademik yang tersimpan di pangkalan data serta meminimalkan upaya kecurangan maupun kesalahan yang tidak terdeteksi.

Baca juga  Hakim Konstitusi Beri Kuliah Umum tentang Perlindungan Hak Konstitusional Warga Negara di Masa Pandemi

“Dengan diimplementasikannya teknologi blockchain, Unsrat akan menyediakan juga layanan verifikasi data akademik berbasis blockchain kepada pihak eksternal,” tandas Rembang.

Layanan teknologi ini akan bermanfaat bagi pihak industri yang ingin merekrut lulusan Unsrat untuk dapat melakukan verifikasi data identitas dan prestasi akademik lulusan secara lebih akurat dan terpercaya sehingga dapat berkontribusi  pada peningkatan serapan lulusan di dunia kerja.

Selain itu, tambahnya, hal ini juga menunjukkan tekad Unsrat untuk terus berinovasi menuju perguruan tinggi yang unggul dan berbudaya serta ikut mendukung pilar teknologi di Era Revolusi Industri 4.0, (AF)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *