Liando : Tugas Bawaslu Baru Sulut Sangat Berat

by -505 Views

Meimonews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI telah menetapkan tiga nama anggota baru Bawaslu Provinsi Sulut. Ketiga nama itu adalah Dr. Ardiles Mewoh, Donny Rumagit dan Zulkifli Densi. Dua nama yang lain masih akan diseleksi kembali tahun depan karena harus mengikuti berakhirnya masa jabatan dua komisioner Bawaslu lainnya yaitu Supriadi Pangelu dan Ewin Umbola.

Dosen Kepemiluan Fisip Unsrat  Ferry Daud Liando menegaskan, tugas ketiganya sangat berat dalam melanjutkan pengawasan tahapan Pemilu tahun 2024 nanti.

Bawaslu memiliki 3 tugas penting yaitu memastikan kedaulatan rakyat dijaga, memastikan Pemilu berjalan jujur dan adil serta memastikan hasil Pemilu itu bermakna untuk kesejahteraan rakyat.

“Melaksanakan tiga tugas ini bukanlah perkara mudah,” ujar Liando (sapaan akrabnya) kepada Meimonews.com di Manado, Senin (19/9/2022).

Baca juga  Babinpotdirga Lanudsri Pimpin Warga Tasuka Bersih-bersih

Saat ini, tugas pertama Bawaslu adalah memastikan parpol calon peserta Pemilu 2024 terverifikasi dengan baik. Belakangan, ungkapnya, banyak laporan bahwa ada banyak parpol yang mencatut nama masyarakat untuk dimasukkan sebagai anggota parpol tanpa ijin.

Tugas berikutnya adalah memastikan proses penetapan dapil oleh KPU apakah telah sesuai dengan 7 standar yang disebut oleh UU Pemilu.

Tugas selanjutnya adalah memastikan data pemilih itu akurat. Apakah yang memenuhi syarat akan terdaftar sebagai pemilih dan tidak memenuhi syarat dicoret. Tugas yang tidak kalah penting adalah mengawasi kerja-kerja parpol dalam rekrutmen calon DPR/DPRD dan calon kepala daerah.

“Masih banyak parpol yang mewajibkan uang mahar untuk diusung sebagai calon. Potensi yang paling parah adalah kemungkinan masih maraknya jual beli suara atau money politic, pelibatan ASN dan aparat desa, penyalahgunaan bansos dan lain sebagainya,” sebutnya.

Baca juga  Sambut Ramadhan dan Paskah 2024 Pemerintahan ODSK Lewat Bapenda Berlakukan Keringanan Pajak

Menurut Liando, pada saat pencoblosan dan penghitungan suara,  kerap terjadi kejahatan yaitu merusak surat suara, coblos lebih dari satu kali serta mark-up atau mark-down suara.

Bawaslu harus memastikan bahwa pelanggaran dan kejahatan Pemilu dan Pilkada di atas harus dapat dicegah agar hasil Pemilu dan Pilkada  akan berdampak pada kesejahteraan rakyat.

“Saya optimis ketiganya mampu menggerakkan jajarannya untuk lebih siapa melakukan banyak terobosan guna mencegah terjadinya pelanggaran dan kejahatan dalam proses demokrasi yang sudah sedang berjalan,” ujarnya. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *