Revitalisasi Perlu agar Kehadiran BARMAS Semakin Dirasakan Manfaatnya

by -279 Views

Meimonews.com – Revitalisasi di tubuh organisasi Barisan Adat Masyarakat (BARMAS) baik tingkat Dewan Pengurus Daerah. (DPD) maupun Dewan Pengurus Cabang (DPC) se-Sulut merupakan suatu langkah yang tepat dan hal biasa untuk kemajuan organisasi.

“Revitalisasi organisasi DPD BARMAS Sulut dan di 15 DPC. se-Sulut adalah agar semakin dirasakan manfaat kehadirannya termasuk oleh tiga etnis di Sulut,” ujar Ketua Dewan Penasehat (Wanhat) Barisan Adat Masyarakat (Barmas) Sulawesi Utara Johanes Victor Mailangkay.

Hal tersebut disampaikan Mailangkay kepada Meimonews.com di Manado, Minggu (19/12/2021) ketika dimintai pendapatnya soal restrukturisasi (penyegaran) pengurus yang dilakukan BARMAS Sulut baik di tingkat DPD maupun DPC se-Sulut, Sabtu (18/12/2021).

Baca jugs : BARMAS Sulut Lakukan Restrukturisasi, Sejumlah Jabatan Strategis Dirotasi

Baca juga  Warnai Bulan St. Joseph, Suster-suster SJMJ Batanam Pohon

Mailangkay menambahkan, dalam merekrut dan menyeleksi pengurus di setiap tingkatan, diutamakan figur yang berintegritas dan mau memberi diri bagi kemajuan organisasi BARMAS.

Menyinggung langkah atau program apa saja yang perlu dilakukan pemgurus dalam kerangka menjadikan BARMAS semakin berdikarivdan berintegritas, Mailangkay menyebutkan, melaksanakan program memperkuat akar budaya tiga etnis di Sulut dalam memperkokoh Bhineka Tunggal Ika dalam wadah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu, tambah Wakil Ketua SPRD Sulut ini,. melakukan advokasi terhadap hak rakyat yang tertindas di tiga etnis se Sulut, antara lain, berkaitan dengan masalah tanah.

“Dan juga, mendukung program pemerintah dalam upaya akselerasi perwujudan kesejahteraan rakyat,” ujar Ketua DPD GM FKPPI Sulut ini.

Baca juga  Kompol Lapian Pimpin Personil Polresta Manado Amankan Jalan Sehat Unimman

Respons positif Ketua Wanhat tersebut apresiasi Sekretaris DPD BARMAS Sulut Fernando Melo. “Terima kasih pak Victor atas respon dan masukkannya. Ada beberapa sedang dijalankan sedang yang lain akan diperkuat dan ditindaklanjuti,” ujar Melo.

Kepada Meimonews.com di Manado, Senin (20/12/2021), Melo mengungkapkan, revitalisasi sementara dijalankan, mengingat ada beberapa Kabupaten/Kota yang tidak maksimal dalam menjalankan fungsinya.

Pengurus, sambungnya, memperkuat akar budaya tiga etnis di Sulut dan kearifan lokal yang sudah ada sejak lama serta menghormati adat dan budaya dari luar daerah Sulut.

“Kami (BARMAS) terus bersinergi dengan pemerintah dalam semua sektor,” tegas Sekretaris BARMAS Sulut tersebut. (lk)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *