Tema Dies Tunjukkan Kontribusi Faperta Unsrat dalam Pengembangan Pertanian sebagai Sektor Unggulan

by -920 Views

Meimonews.com – Rektor Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng Asean IPU Eng menegaskan, tema yang diangkat pada peringatan ke-64 Dies.Natalis menunjukkan kontribusi Fakultas Pertanian (Faperta) Unsrat Manado.

Penegasan tersebut disampaikan Rektor Unsrat saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Dies Natalis ke-64 Faperta Unsrat yang dilaksanakan di halaman Faperta Unsrat Manado, Jumat (3/5/2024).

“Tema ini menunjukkan bagaimana Fakultas Pertanian berkontribusi dalam pengembangan pertanian sebagai sektor unggulan di provinsi Sulawesi Utara,” ujar Rektor.

Kepala Dinas Perkebunan Sulut Drs. Edwin Kindangen, M.Si saat membacakan sambutan Gubernur Sulut Prof. Dr. (Hc) Olly Dondokambey, SE

Dikemukakan, konsep agribisnis dan urban farming yang diangkat dalam tema  diharapkan dapat berkontribusi untuk akselerasi pertanian maju dan berkelanjutan dalam upaya ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian daerah.

“Sebagai fakultas yang menyiapkan sumber daya manusia pertanian, telah diejawantahkan oleh civitas akademika Faperta Unsrat melalui berbagai pencapaian dan prestasi di bidang akademik dan non akademik,” sebutnya.

Rektor lantas memberikan beberapa contoh prestasi membanggakan tersebut. Di antaranya, PPK Ormawa juara 1 poster terfavorit, kelompok P2MW  juara harapan 1 kategori jasa dan perdagangan serta meraih gold medal untuk PKM berkolaborasi mahasiswa Faperta sebagai anggota tim Fakultas MIPA.

Rektor Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng Asean IPU Eng

Faperta Unsrat juga terus menunjukkan komitmennya untuk mensuport Unsrat dalam membangun kolaborasi dan meningkatkan daya baik di tingkat nasional maupun internasional, antara lain melalui publikasi riset dan pelaksanaan seminar internasional uang berkontribusi pada jumlah artikel terindeks scopus.

Oleh karena itu, Rektor mengapresiasi prestasi yang telah diraih tersebut dan berharap ke depan akan banyak lagi prestasi yabg bisa dicapai. Selain itu, ” semakin banyak kontribusi fakultas untuk pertanian maju dan berkelanjutan sehingga Fakultas Pertanian dan Unsrat pada umumnya akan maju bersama, semakin unggul, berbudaya menuju world class university,” ujarnya.

Baca juga  Akreditasi Unsrat Manado Unggul, 4 Prodi Unggul Internasional

Gubernur Sulut Prof. Dr. (Hc) Olly Dondokambey, SE dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Perkebunan Drs. Edwin Kindangen, M.Si mengungkapkan, tema Dies Natalis ke-64 Faperta Unsrat sangat relevan dengan tantangan dan peluang yang dihadapi sektor pertanian di zaman modern ini.

“Sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati, Sulawesi Utara memiliki potensi besar untuk memimpin inovasi dalam bidang agribisnis dan pertanian perkotaan,” sebut Gubernur.

Menurut Gubernur, kita semua tahu betapa pentingnya pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat serta dalam mendukung perekonomian dan pertanian berkelanjutan.

Namun, dengan populasi yang terus berkembang dan urbanisasi yang terus meningkat, ada tantangan besar yang harus dihadapi dalam memastikan ketahanan pangan dan keberlanjutan lingkungan.

“Di sinilah pentingnya konsep agribisnis dan pertanian perkotaan. Agribisnis membuka peluang bagi para petani untuk mengelola usahanya secara efisien dan berkelanjutan, sementara pertanian pertanian perkotaan memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan di lingkungan perkotaan yang pada penduduk,” tandasnya.

Ketua Umum Panitia Ir. Jein Sumilat dalam laporannya menyebutkan, ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati dies tahun ini, yang berkolaborasi dengan pemerintah provinsi Sulut serta kota Manado dan kabupaten Minahasa Utara untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Baca juga  Rektor Unsrat Buka Rangkaian Kegiatan Dies Natalis ke-65 Fakultas Hukum Unsrat

Selain itu, akan ada kegiatan ziarah dan anjangsana ke mantan pimpinan dan keluarga. “Agenda acara puncak dan temu alumni akan dilaksanakan pa bulan Mei ini sebagai bulan Dies Natalis Fakultas Pertanian.

Ditambahkan pula bahwa untuk meningkatkan sumber daya mahasiswa, berbagai kegiatan bersama BEM Fakultas akan dirancang sekaligus sebagai aktivitas sosialisasi fakultas, di samping kegiatan pengembangan sumber daya dosen dengan melaksanakan seminar nasional dan internasional.

Acara pembukaan diwarnai antara lain pelepasan burung ke udara. Setelah itu, pelaksanaan sejumlah lomba serta door price.

Rektor Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng Asean IPU Eng saat didaulat utk menyanyi

Ketua IKA Faperta Unsrat Manado Ir. Rita Maya Dondokambey Tamuntuan berharap lewat dies natalis uni silaturahmi civitas akademika semakin kuat dan berkembang serta menjadi momen untuk terus berkontribusi bagi perkembangan pertanian di daerah ini.

“Apalagi sekarang (yang mengangkat tema terkait terkait dengan) agribisnis dan urban farming. Diharapkan, kita kita semakin hijau yang bermanfaat untuk kesehatan dan pangan masyarakat,” ujarnya kepada Meimonews.com, usai kegiatan.

Ketua Umum Panitia Dies Natalis ke-64 Faperta Unsrat Manado Ir. Jein Sumilat (kiri) bersama Dekan Faperta Unsrat Manado Ir. Dedie Tooy, M.Si, PhD dan staf

Dekan Faperta Unsrat Manado Ir. Dedie Tooy, M.Si, Ph.D menjelaskan diangkatnya tema ini karena merupakan implementasi kontribusi Faperta Unsrat dalam hal pengembangan pertanian sebagai sektor unggulan di daerah ini dan agar daerah kita ini semakin maju dan berkelanjutan dalam upaya ketahanan pangan.

“Selain itu, sebagai bentuk kontribusi bagi perekonomian di daerah tercinta ini,” ujar Tooy ketika ditemui terpisah, usai kegiatan yang diwarnai dengan kegembiraan dan kebersamaan di antara civitas akademika. (FA)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *