Unsrat Gelar Raker, Rektor Ingatkan Empat Hal

by -908 Views

Meimonews.com – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggelar Rapat Kerja (Raker) Tahun 2024 yang diadakan di Auditorium Unsrat Manado, Kamis (29/2/2024).

Tema yang diangkat dalam Raker yang dihadiri Wakil-wakil Rektor dan pimpinan unit kerja, pimpinan dan staf lembaga Unsrat dan pimpinan Fakultas se-Unsrat dan undangan lainnya ini adalah Academic Discipline and Student Services Towards The Internalization of Unsrat.

Dengan tema ini, sebut Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng IPU Asean Eng dalam sambutannya mengatakan, pihaknya berusaha mewujudkam Unsrat sebagai universitas yang berada di ekosistim internasional melalui disiplin dalam proses akademik yang berbasis pada layanan mahasiswa.

Dengan tema tersebut, ada empat yang yang diingatkan Rektor. Pertama, para dosen harus memberikan keteladanan dan pedoman serta berusaha menumbuhkan budaya akademik yang bebas berinovasi dalam pengembangan keilmuan mereka melalui peningkatan kompetensi sehingga seluruh mahasiswa dapat mewujudkan cita-cita yang tinggi dan menempa jalannya sendiri di masa depan.

Baca juga  Unsrat Gelar Upacara Peringatan Hardiknas, Rektor jadi Irup

Kedua, para dosen harus membantu mahasiswa untuk menjadi individu yang berpikiran mandiri, menghormati individualitas mereka sambil mendorong  agar mampu bekerjasama dengan kelompok serta memperlakukan mereka setara dengan manusia.

Ketiga, pimpinan fakultas harus dengan jelas tujuan pembelajaran, melakukan upaya terus-menerus untuk meningkatkan dan mendukung pembelajaran yang berbasis pada peningkatan kemampuan literasi mahasiswa.

Keempat, dosen harus secara terbuka memberikan kriteria penilaian akademik yang jelas kepada mahasiswa dan memberikan penilaian yang adil sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kemampuan pembelajaran  mahasiswa.

Rektor mengemukakan, tahun 2024 ini, Unsrat akan mulai membuka kelas internasional melalui kerjasama dengan Wuhu Institute Technology dan Monash University.

“Dalam upaya untuk mewujudkan internasionalisasi Unsrat maka infrastruktur akan difokuskan pada fasilitas yang berstandar internasional dan pelayanan mahasiswa dan melakukan akreditasi internasional untuk semua program studi yang layak untuk itu,’ ujarnya.

Baca juga  RSUP Kandou Gelar HKN, Dokter Jimmy Lepas Pesrta Jalan Sehat

Rektor berharap, tahun 2024 ini akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Bersama-sama berusaha mencapai internasionalisasi Unsrat yang Unggul dan Berbudaya.

Di awal sambutannya, Rektor mengungkapkan, tahun 2023 telah kita selesaikan dengan capaian baik di bidang akademik, kemahasiswaan dalam pengelolaan administrasi umum.

Oleh karenanya,Rektor menyampaikan terima kasih kepada pimpinan unit kerja, para dosen, tenaga kependidikan dan seluruh mahasiswa yabg telah bersama-sama menunjukkan integritas dalam membangun Unsrat.

Tak lupa pula disampaikan penghargaan kepada Dewan Pengawas yang selalu melakukan evaluasi bahkan memberikan koreksi terhadap proses manajemen di Unsrat. (FA)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143