Rektor Unsrat Buka International Conference Sustainable, Environment and Architecture

by -890 Views

Meimonews.com  – Rektor Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng IPU ASEAN IPU membuka International Sustainable, Environment and Architecture yang diadakan di Arya Duta Manado, Jumat (20-21/102023).

Kegiatan yang diselenggarakan Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik (Fatek) Unsrat Manado ini berlangsung Jumat – Sabtu (20-21/10/2023).

Kegiatan yang mengusung tema Facing climate chance trouch green cities for sustainable culture society development in the 5 0 era ini diselenggarakan di Arya Duta Hotel Manado, Jumat – Sabtu (20-21/10/2923l).

Dalam sambutannya, Rektor mengapresiasi pelaksanaan kegiatan seminar yang mengangkat tema Facing climate chance trouch green cities for sustainable culture society development in the 5 0 era ini.

Dikemukakan, saat ini kita berada di Era Revolusi Industri 4.0, dan dunia sedang diperkenalkan dengan konsep Society 5.0, konsep yang menggunakan ide teknologi digital dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup, memecahkan masalah dan menciptakan lingkungan lebih baik.

Contoh penerapan Society 5.0, sebut Rektor, adalah smart city yang bertujuan memanfaatkan teknologi digital dalam pengelolaan kota, sistem transportasi, pengelolaan sampah, pengawasan keamanan dan pelayanan publik.

Rektor berharap para peneliti, praktisi, dan pembuat kebijakan untuk lebih memahami dan memunculkan ide-ide cemerlang terkait konsep pembangunan perkotaan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Rektor Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng. IPU ASEAN IPU Eng saat memberikan sambutan

Dekan Fatek Unsrat Prof. Dr. Ir. Fabian J. Manoppo, M.Agr dalam sambutannya mengungkapkan,  selain Era Revolusi Industri 4.0 kita juga sedang diperkenalkan dengan konsep Society 5.0 yang berasal dari negara Jepang yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan konsep Revolusi Industri 4.0.

Revolusi industri 4.0 menggunakan Artificial Intelligence sebagai komponen utama sedangkan Society 5.0 ini menggunakan teknologi modern dengan mengandalkan manusia sebagai komponen utama.

Dekan Fatek Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Fabian J. Manoppo, M.Agr. (kanan) memoderàtori konferensi

Konsep Society 5.0 ini, menurutnya, bisa diimplementasikan untuk membantu kehidupan masyarakat terutama masyarakat perkotaan dalam menciptakan lingkungan yang baik dan berkelanjutan.

“Karena itu saya selaku Dekan Fakultas Teknik sangat mengapresiasi Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Unsrat yang berinisiatif untuk melaksanakan International conference for sustainable, environment and architecture dengan tema facing climate change through green cities for sustainable culture society development in the 5.0 era,” ujarnya.

Dekan berterima kasih kepada pimpinan Universitas dalam hal ini Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Oktovian B. A. Sompie, M.Eng, IPU, ASEAN Eng. yang turut mendukung dan akan membuka dengan resmi acara international conference ini.

“Semoga international conference ini bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya sebagai media untuk saling bertukar ketrampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemajuan pendidikan tapi juga kemajuan kehidupan masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Ketua Panitia Dr. Eng. Ir. Pingkan Peggy Egam, MT, PM dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dari suatu komunitas yang terpanggil dan peduli di bidang arsitektur termasuk dalam hal perkembangan global change dan lain-lain.

“Hal ini menjadi penting karena hubungan manusia dan lingkungan tidak bisa dilepaskan,” ujar dosen Fatek Unsrat Manado.

Ketua Panitia Dr. Eng. Ir. Pingkan Peggy Egam, MT, PM saat memberikan laporan

Oleh karena itu, sebutnya, ada suatu kepedulian untuk melihat sejauhmana arah perubahan-perubahan yang terjadi termasuk perubahan perilaku, building, disain termasuk disain.

“Itulah yang menjadi latar sehingga Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik (Fatek) Unsrat menggelar kegiatan ini,” ujar doktor Peggy.

Seminar menampilkan enam pembicara yakni dari Jepang dua orang, Thailand satu orang dan dari Indonesia tiga orang dengan moderator Dekan Fatek Unsrat Manado Prof. Dr. Fabian J. Manopo, M.Eng..

Pembicara utama adalah Prof. Naburo Mishima (Saga Univercity – Japan), Prof. Johanis Widodo (National Univercity Singapore) dan Prof. Dr. Ir. Jefry I. Kindangen, DEA (Sam Ratulangi Univercity -Indonesia).

Peserta berjumlah 75 orang yang berasal dari empat negara yakni Jepang, Thailand, Singapura dan Indonesia baik yang datang langsung maupun lewat daring. (FA)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143