Sejak 2019, Unsrat telah Terapkan Bebas Skripsi

by -707 Views

Meimonews.com – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado telah menerapkan bebas skripsi sejak tahun 2019. “Ya, kami (Unsrat) memang sudah melaksanakan hal itu sejak tahun 2019,” ujar Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Grevo Soleman Gerung.

Dalam percakapan via WhatsApp, Sabtu (9/9/2023), Gerung menjelaskan, Unsrat menerapkan hal itu sebagaimana tertulis dalam pasal-pasal pada Peraturan Akademik Unsrat Tahun 2019.

Dalam peraturan tersebut, sambungnya mewakili Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng. Asean IPU, mahasiswa dapat dinyatakan lulus dengan menyelesaikan tugas akhir/skripsi/tesis/disertasi.

“Sejak saat itu, Unsrat telah meluluskan mahasiswa program sarjana S-1 dengan bebas skripsi,” tegasnya.

Diungkapkan, mahasiswa yang memperoleh penghargaan juara nasional pekan ilmiah mahasiswa nasional dengan kategori penalaran tidak perlu membuat skripsi.

Baca juga  Rektor Unsrat Ajak Civitas FIB Saling Merangkul serta Memberi Motivasi dan Semangat

Kelompok mahasiswa yang hasil karya ilmiah mereka juara nasional sudah dianggap sebagai ‘tugas akhir’ atau skripsi dan biasanya satu kelompok terdiri dari tiga mahasiswa, maka seluruh mahasiswa dalam kelompok tersebut dikategorikan ‘bebas skripsi.’

Selanjutnya, menurut Gerung, Unsrat akan inovatif terhadap kebijakan Kemendikbudristek yang bisa menyetarakan  ‘tugas akhir’ sebagai syarat pengakuan akademik terhadap proses pembelajaran yang akan menjadi indikator kelulusan. (FA)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *