Kodim 1309 dan Polresta Manado Kolaborasi Tanam Pohon di Pantai Desa Kulu

by -794 Views

Meimonews.com – Kodim 1309/Manado dan Polresta Manado berkolaborasi dan didukung masyarakat melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove di Pantai Desa Kulu, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Senin (15/5/2023).

Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Parlindungan Sirait melalui Kasi Humas Ipda Agus Haryono kepada wartawan di Manado, usai kegiatan mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam penghijauan di wilayah pesisir pantai untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

“Guna membendung air laut saat air pasang sehingga dapat mengurangi abrasi di daerah pesisir pantai kedepannya,” jelas Ipda Agus.

Ditambahkan, selain berfungsi menjadi penghalang dan pencegah abrasi, hutan Mangrove juga menjadi benteng pengaman dari ancaman bencana gelombang pasang (tsunami) dan pendukung kehidupan biota laut.

Baca juga  Vaksinasi Lengkap Dilakukan Secara Masif  Polresta Manado

“Jangan anggap remeh tanaman bakau (Mangrove) yang berdiri di tepian pantai. Keberadaan hutan Mangrove punya sejuta manfaat bagi kita dan lingkungan sekitar,” katanya mengingatkan.

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga mengajak masyarakat sambil memberikan edukasi sehingga dapat menumbuhkan kesadaran dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan khususnya yang ada di pesisir pantai karena ini adalah tugas bersama.

Penanaman pohon Mangrove manfaatnya sangat besar dapat menjaga pantai dari abrasi dan menjaga iklim karena bisa meningkatkan oksigen demi kelangsungan hidup generasi masa depan.

Hal ini adalah langkah awal yang dilakukan saat ini akan mempunyai dampak besar di masa depan, terutama bagi kelangsungan hidup makhluk-makhluk lainnya di masa yang akan datang.

Baca juga  Diserahkan Menkes, Walikota Manado Terima UHC Award

Pentingnya peran tumbuhan di bumi ini dalam menangani krisis lingkungan terutama di daerah perkotaan, sangat tepat jika keberadaan tumbuhan mendapat perhatian serius dalam pelaksanaan penghijauan perkotaan sebagai unsur hutan kota

Hadir dalam kegiatan penanaman Mangrove adalah Kapolda Sulut Irjen Pol. Setyo Budiyanto, Forkompinda Provinsi Sulut , Kapolresta Manado, Dandim 1309/Manado Letkol Teddy Lakson dan Forkompinda Kota Manado. (AF)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *