Sekda Minahasa Buka Forum Konsultasi Publik Penyusunan RKPD Tahun 2024

by -553 Views

Meimonews.com -:Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr. Lynda Deasy Watania, SE, ME membuka Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2024 di Ruang Sidang Kantor Bupati, Selasa (14/3/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Minahasa ini dihadiri Kepala Bappeda Sulut Elvira Katuuk, Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya Feibe Rondonuwu, Akademisi/Tenaga Ahli Dr. Vecky Masinambouw, Dr. Robert Winerungan, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat se Kabupaten Minahasa, Forum Pendidikan Minahasa, FKUB Minahasa, LSM dan Forum Anak Minahasa.

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan, pelaksanaan konsultasi publik ini merupakan rangkaian tahapan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan RKPD tahun 2024.

Berdasarkan Permendagri nomor 86 tahun 2017,  rancangan awal RKPD dibahas bersama Kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan bersama dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

Baca juga  Dibuka Mendagri, Bapenda Sulut Kirim Utusan Ikut Rakornas Keuangan Daerah di Jakarta

Forum konsultasi publik ini, menurut Sekda, merupakan media pembentukan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.

Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan rancangan APBD yakni sebagai pedoman dalam penyusunan kebijakan umum APBD dan prioritas plafon anggaran sementara atau PPAS.

Ditambahkan, kegiatan ini dapat menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2024.

Menyinggung tema RKPD tahun ini yakni Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, perluasan akses pelayanan dasar, serta suksesnya Pemilu, Sekda menjelaskan, untuk mewujudkan pembangunan sesuai dengan tema tersebut, maka prioritas pembangunan yaitu mempercepat penghapusan penduduk miskin, terutama miskin ekstrim.

Selain itu, mempercepat penurunan prevalensi stunting, meningkatkan akses air minum dan sanitasi; menjamin partisipasi masyarakat dalam pemilu, pilpres dan pilkada; serta stabilitas daerah yang aman.

Baca juga  Antisipasi Gangguan Kamtibmas dan Kemacetan Lalulintas, Polresta Manado Gelar Silau Mata

Ada beberapa hal penting lain yang disampaikan Sekda untuk menjadi perhatian. Pertama, mengajak untuk mensukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak. Kedua, program kegiatan tahun 2024 harus bisa menjadi instrumen utama untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi yang mampu meningkatkan PAD serta mampu untuk mengakselerasi daya saing. Utamanya daya saing investasi.

Ketiga, dengan memperhatikan kemampuan keuangan daerah yang terbatas,  para pemangku kepentingan diajak untuk berpikir kreatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Dan diharapkan juga kegiatan ini benar-benar menjadi wadah untuk menjaring aspirasi dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan, dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD Minahasa tahun 2024, sehingga nantinya dapat diimplementasikan dengan baik,” ujar Sekda. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *