PMKRI Gorontalo Gelar RUAC I, Sule Ingatkan PMKRI Rumah Pengembangan Nilai Kebangsaan

by -627 Views

Meimonews.com – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Gorontalo St. Yohanes Paulus II menggelar Rapat Umum Anggota Cabang (RUAC) di Sekretariat/Margasiswa, jalan P. Kalengkongan Kelurahan Tenda Hulonthalangi Kota Gorontalo, Minggu (12/2/2023).

Pelaksanaan RUAC ini merupakan tindak lanjut dari peningkatan status PMKRI Gorontalo dari Calon Cabang menjadi Cabang yang ditetapkan dalam Majelis Permusyawaratan Anggota (MPA) tahun 2022.

RUAC dengan agenda utama  laporan pertanggungjawaban Dewan Pimpinan Calon Cabang (DPCC) PMKRI Gorontalo, pembahasan Anggaran Rumah Tangga Cabang (ARTC) PMKRI Gorontalo, dan pemilihan Mandataris RUAC/Formatur Tunggal/Ketua Presidium PMKRI Cabang Gorontalo di awali dengan Sidang Kehormatan Pembukaan RUAC dan diakhiri Sidang Kehormatan Penutupan RUAC PMKRI Gorontalo.

Saat memberikan sambutan pada acara pembukaan, Talulembang Sule (Dewan Pertimbangan PMKRI Gorontalo) antara lain mengingatkan tentang tiga benang merah PMKRI (Kristianitas, Intelektualitas dan Persaudaraan) dan nilai-nilai kebangsaan yang harus diimplementasikan dalam berorganisasi.

Dikatakan, PMKRI adalah Ormas kemahasiswaan/kepemudaan yang sudah menunjukkan eksistensi dan perannya dalam perjalanan bangsa melalui aktivitas pembinaan kader-kader bangsa yang berjiwa nasionalis dan perjuangannya menegakkan nilai-nilai kebangsaan atas dasar ideologi Pancasila, UUD 1945,  kebhinnekaan dalam wadah NKRI.

Baca juga  Program Keringanan Pajak telah Berakhir, WP Diimbau Bayar Pajak Gunakan Fasilitas yang Tersedia

PMKRI, sebutnya, harus menjadi wadah atau rumah bagi mahasiswa Katolik untuk  mengembangkan nilai – nilai kekatolikan, kemahasiswaan dan kebangsaan.

Nilai kebangsaan, menurut mantan Ketua PMKRI Cabang Manado ini harus terus-menerus ditanamkan dalam diri mahasiswa Katolik termasuk Anggota PMKRI karena nilai ini menjadi cita-cita pendiri bangsa Indonesia.

Nilai luhur ini yang membuat Indonesia bisa seperti sekarang karena menjadi nilai dasar kehidupan kebangsaan yang berbhineka tunggal ika.

“Kedepan, PMKRI harus terus menyumbangkan dharma baktinya untuk kemajuan bangsa terutama dalam mensosialisasikan moderasi beragama, mencegah radikalisme dan intoleransi sambil terus mengasah daya kritis yang konstruktif sesuai idealisme mahasiswa sebagai agent of change,” pinta Sule.

Baca juga  PMKRI Cabang Manado Lantik 28 Kader Baru Saat Sidang Kehormatan Penutupan Mabim

Dalam RUAC I ini, dihasilkan antara lain antara lain penetapan Anggaran Rumah Tangga Cabang (ARTC) dan terpilihnya/ditetapkannya Pingkan Kartika Gosal sebagai Mandataris RUAC/Formatur Tunggal/Ketua Presidium PMKRI  Cabang Gorontalo Masa Bakti Tahun 2023-2024. (Baca juga : Pingkan Kartika Gosal Terpilih Secara Aklamasi sebagai Ketua Presidium PMKRi Gorontalo)

Sebelum acara berakhir, Ketua Presidium DPCC Jujur Marpaung menyerahkan secara simbolis gordon dan jaket PMKRI kepada Pingkan Kartika Gosal, Ketua Presidium DPC Gorontalo Masa Bakti Tahun 2023-2024.

Hadir pada RUAC yang pelaksanaan kegiatannya dilakukan oleh Panitia yang diketuai Lidya Ong ini, antara lain Talulembang Sule dan Daud Sandalayuk (Depertim), Lexie Kalesaran (Pembina), Frater Ignatius Kisa (mewakili Pastor Ronny Singal Pr yang adalah Pastor Paroki St. Kristoforus dan Moderator PMKRI Gorontalo,
Margaretha H. Tinangon, Ferdinan Kaporoh, Kristoforus Edison, Pengurus dan Anggota PMKRI dan mahasiswa Katolik. (AL)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *