Peringatan HUT ke-31 Imamat Pastor Marianus Toiyo Pr Diwarnai Misa Inkulturasi

Exif_JPEG_420

Meimonews.com – Imamat Pastor Marianus Toiyo Pr yang saat ini Pastor Paroki Santo Antonius de Padua Kali dan Moderator Legio Christi (LC) Keuskupan Manado berusia ke-31.

Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Imamatnya tersebut diadakan syukuran pada Minggu (15/1/2023). Syukuran diwarnai Misa Inkulturasi di gereja paroki yang dipimpin Pastor Marianus.

Sejumlah undangan seperti Camat Pineleng Johnly Wua, Hukum Tua Kali Alvin Johanis Parengkuan, Hukum Tua Kali Selatan Yunus Tangkuman, suster, frater, pengurus dan anggota Legio Christi (Keuskupan Manado, Kevikepan Manado dan beberapa Paroki) serta umat setempat mengikuti misa syukur tersebut.

Sesaat akan dimulainya misa, Pastor Marianus, petugas misa dan pemimpin umat setempat berarak menuju gereja diantar penari cakalele.

Saat misa, lagu-lagu dibawakan dalam bahasa Tombulu dan bagian-bagian tertentu dari perayaan dilakukan.dengan kebudayaan Minahasa.

Usai misa, diadakan santap kasih bersama di samping gereja, yang diawali pemasangan kue HUT oleh sang yubilaris di dampingi beberapa pimpinan umat.

Saat kotbah, Pastor Marianus memaparkan perjalanan hidup dan panggilannya mulai dalam keluarganya, saat di seminari hingga sudah sebagai imam yang diwarnai kesusahan karena mengalami sejumlah penyakit. Beberapa penyakit sudah dirasakannya.

Sudah ribuan obat dia minum. Sudah banyak suntikan dialami. Bahkan sudah belasan kemo dirasakannya.

“Tapi, saya bersyukur karena ada penyertaan Tuhan. Ada banyak dukungan baik dari orang terdekat maupun orang-orang lain sudah saya rasakan,” ujarnya seraya menyebut beberapa nama dokter yang membantu penyembuhan penyakitnya dan beberapa nama yang ikut memberikan topangan/bantuan termasuk dana pengobatannya.

Terkait dengan syukur ini, Pastor Marianus mengungkapkan, selama ini, pesta imamat hampir tidak pernah dibuatnya, kecuali pada Pesta Emas 25 tahun. Tapi, kali ini, dibuatnya karena ada alasannya.

“Alasan dibuatnya pesta imamat ke-31 karena adanya kasih karunia dari Allah Tuhan kita (seperti pada bacaan kedua misa). Kasih Yesus Kristus menyertai,” ujarnya.

Kalau saat ini ia merayakan syukuran imamatnya karena bersyukur atas banyaknya orang yang care/peduli terhadapnya, kepada penyakitnya.

Untuk itu, kepada semua pihak yang telah membantunya disampaikan terima kasih. Kepada umat paroki disampaikan terima kasih pula karena, walaupun baru beberapa bulan menjadi Pastor Paroki tapi umat sudah begitu dekat dengannya. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.