Buka Kegiatan Ilmiah Memperingati Dies Natalis Tahun 2024, Dekan Faked Ajak Civitas Akademika Terus Berinovasi dan Berkolaborasi

by -1024 Views

Meimonews.com – Memperingati Dies Natalis ke-65 Fakultas Kedokteran (Faked) Unsrat, beberapa kegiatan dilaksanakan panitia pelaksana. Salah satu di antaranya adalah kegiatan ilmiah yang dilaksanakan dalam beberapa bentuk dan dalam beberapa hari.

Kegiatan itu terdiri dari simposium, workshop, mini simposium, Manado Surgical Update 6 (MSU), dan Basic Surgical Skill Course (BSS). Kegiatan dilaksanakan Rabu-Jumat (22-24/5/2024) di kompleks Faked Unsrat dan RSUP Kandou.

Sejumlah pakar baik yang berasal dari Sulawesi Utara maupun dari luar daerah ditampilkan pada kegiatan ilmiah yang melibatkan selain mahasiswa tapi juga dosen dan profesi kedokteran. Ada yang mengikuti secara langsung (luring) tapi ada juga secara daring (zoom).

Pembukaan seluruh rangkaian kegiatan tersebut dilakukan Dekan Faked Unsrat Manado Prof. Dr. dr. Nova Hellen Kapantow, DAN, MSc, Sp.GK saat pembukaan pelaksanaan seminar Transformasi Kedokteran Melalui Peningkatan Riset dan Inovasi Teknologi Kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Faked Unsrat Manado, Rabu (22/5/2024) ini diikuti ratusan peserta.

Dalam sambutannya, Dekan menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan ilmiah yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis ke-65 ini berhubungan dengan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

Dengan mengangkat tema Transformasi Kedokteran Melalui Peningkatan Riset dan Inovasi Teknologi Kesehatan kegiatan Ilmiah yang dilangsungkan selama 3 hari yakni Simposium, Workshop, Mini Simposium, Manado Surgical Update 6 (MSU), dan Basic Surgical Skill Course (BSS) boleh tercanangkan.

Baca juga  Buka Dies Natalis ke-65, Rektor Unsrat Harap Faked Terus Berada di Garis Depan Inovasi Medis dan Kesmas
Ketua Panitia Pelaksana Dies Natalis ke-65 Dr. dr. Mendy Hatibie Oley, Sp.BP.RE(K)

‘Di momen saat ini, saya tentunya mengajak seluruh civitas akademik untuk terus berinovasi dan berkolaborasi. Mari kita gunakan momentum dies natalis ini sebagai langkah awal untuk lebih maju, berkembang, dan berkontribusi lebih luas lagi dalam bidang kedokteran dan kesehatan,” ujar Dekan.

Dekan berharap kegiatan ilmiah ini dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-65 tidak hanya berlalu begitu saja, tetapi melalui kegiatan ini dapat memicu semangat baru bagi kita semua untuk dapat melanjutkan apa yang telah kita upayakan ini bahkan boleh terus menghasilkan inovasi yang baru ataupun ide ide yang cemerlang.

Dekan berterima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan rangkaian acara ilmiah ini. Acara yang boleh dikemas dalam 3 hari dengan mengambil begitu banyak pembicara yang ahli di bidangnya bahkan boleh berkolaborasi dengan Pelataran Sehat sehingga setiap kegiatan Simposium, Workshop, Mini Simposium, Manado Surgical Update 6 (MSU), dan Basic Surgical Skill Course (BSS) boleh mengahasilkan SKP.

“Mari kita nikmati rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-65 ini dengan penuh rasa semangat, antusias, syukur dan kegembiraan. Semoga acara ini berjalan lancar dan memberikan banyak manfaat untuk kita semua,” ujar Dekan.

Ketua Panitia Pelaksana Dies Natalis ke-65 Dr. dr. Mendy Hatibie Oley, Sp.BP.RE(K) dalam laporannya mengungkapkan, 65 tahun Fakultas Kedokteran berdiri tentunya bukan hal yang mudah untuk dilalui akan tetapi dengan bertambahnya umur dari almamater kita memberikan kesiapan untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik dalam pendidikan.

Baca juga  Target Penerimaan UPTD PPD Manado Tahun  2024 Berjumlah Rp. 293.427.684.266

Diakui, walau hanya dalam waktu singkat dan begitu banyak hari libur, panitia terus  berusaha memberikan yang terbaik untuk Fakultas Kedokteran lewat beberapa pelaksanaan kegiatan ilmiah.

Adanya perkembangan yang terjadi, sebutnya, tentu mengharuskan kita untuk dapat menyesuaikan pada perkembangan tersebut. Itulah yang saat ini panitia coba untuk kolaborasikan.

Kegiatan-kegiatan ilmiah yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Dies Natalis Tahun ini berintegrasi dengan pelataran Sehat. Oleh karena itu, kebutuhan akan SKP membuat panitia mengkolaborasikan kegiatan dies ini agar memberikan manfaat signifikan, jelas dan bermutu.

Dijelaskan, simposium hari pertama boleh menghasilkan 5 SKP Kemenkes. Kemudian simposium  tentang Leadership by Example mempunyai 1.5 SKP; Mini Simposium masih menunggu untuk dikeluarkan SKP. Kegiatan hari ketiga terdiri dari Manado Surgical Update 6 (MSU) 2 SKP, Mini Seminar dan Workshop 3.5 SKP dan Basic Surgical Skill Course (BSS) 6 SKP.

“Selaku ketua panitia tentunya sangat berharap kegiatan ini boleh terus terlaksana, tidak hanya dalam peringatan 65 tahun ini akan tetapi dapat berlanjut di tahun-tahun selanjutnya dengan inovasi-inovasi, ide-ide yang lebih banyak lagi,” ujarnya. (FA)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *