Bupati Minahasa : Akreďitasi RSUD Samrat Tondano Sangat Penting

by -643 Views

Meimonews.com – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, IPU Asean.Eng menegaskan, akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Sam Ratulangi Tondano sangat penting untuk melihat sejauhmana sepak terjang pelayanan rumah sakit ini.

Penegasan itu disampaikan Bupati saat memberikan sambutan pada kegiatan Survei Akreditasi Starkes oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP) kepada RSUD Dr. Sam Ratulangi (acapkali disebut RS Samrat Tondano  di aula rumah sakit, Rabu (29/3/2023).

Akreditasi merupakan cara untuk mengukur sejauhmana pelayanan yang diberikan oleh sebuah rumah sakit. Namun, hal itu juga tak lepas dari kesiapan rumah sakit untuk memenuhi berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang pelayanan.

Di sisi lain, ditunjang oleh kemampuan para tenaga dokter, tenaga keperawatan serta tenaga administrasi yang profesional dan mampu bekerjasama.

Baca juga  Rencana Operasi Patuh Samrat dan Pembangunan Pedistrian  jadi Bahasan Jumat Bacirita Polresta Manado

”Banyak hal yang dinilai untuk menentukan akreditasi yang bisa dicapai, di antaranya standar pelayanan, infrastruktur yang menunjang, kualitas tenaga dokter, perawat dan tenaga kesehatan dan sebagainya,: jelas Bupati.

Diungkapkan, Pemkab Minahasa bersama Direksi RSUD Sam Ratulangi Tondano menyambut dengan gembira kehadiran tim akreditasi.

Bupati menyampaikan selamat bekerja, semoga harapan yang diinginkan bisa terwujud. Dan, kepada pihak Direksi agar kooperatif dalam menjawab semua persyaratan akreditasi yang butuhkan dalam memudahkan tim untuk melaksanakan tugas.

”Kami berterima kasih sekali atas kehadiran tim Surveior. Kami siap bekerjasama untuk memberikan semua informasi dan kelengkapan lainnya yang dibutuhkan selama penilaian,” ujar Bupati.

Dirut RSUD Samrat Tondano Dr. Nancy C. Mongdong, MHSM, Sp.PD mengatakan Akreditasi Rumah Sakit yang selanjutnya disebut Akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit, setelah dilakukan penilaian bahwa rumah sakit telah memenuhi standar akreditasi.

Baca juga  Lagi, ROR-RD Imbau Warga Minahasa Waspadai Cuaca Ekstrim

“Akreditasi bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit; meningkatkan keselamatan pasien rumah sakit; meningkatkan perlindungan bagi pasien, masyarakat, sumber daya manusia rumah sakit dan rumah sakit sebagai institusi, mendukung program pemerintah di bidang kesehatan,” jelasnya.

Dirut mengatakan, akreditasi RSUD Samrat Tondano diharapkan bisa mendapatkan hasil paripurna atau bintang 5. Penilaian berlangsung Selasa-Kamis (28-30/3/2023). “Dan kita bisa mendapat nilai paripurna atau bintang 5,” ujarnya berharap.

Mendampingi Bupati pada kegiatan tersebut, Asisten 1, Kadis Kesehatan, Kabag Prokopim dan Kabid Anggaran BPKAD. Adapun tim Surveior LARS-DHP di antaranya drg. Irwanto Tandaan, MPH dan Tommy J. F. Wowor, S.Kep, Ns, MM, M.Kep. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *