Transformasi Sektor Pertanian Berperan dalam Kesejahteraan Petani jadi Bahasan Kuliah Umum Dekan FEB UI

by -1844 Views

Meimonews.com – Transformasi sektor pertanian berperan dalam kesejahteraan petani menjadi bahasan menarik pada Kuliah Umum dengan pembicara Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Teguh Dartanto, PhD, di lantai 3 Ruang Seminar Faperta Unsrat, Jumat (7/10/2022).

Kuliah umum yang diselenggarakan Jurusan Sosial Ekonomi dan Bisnis Fakultas Pertanian,(Faperta) Unsrat itu dihadiri sekitar 200 mahasiswa dan dosen termasuk Prodi Agribisnis.

Dekan Faperta Unsrat Dedie Tooy, PhD merespon positif untuk permulaan kolaborasi Faperta Unsrat dengan FEB UI melalui kuliah umum yang menambah knowledge dan wawasan baik bagi mahasiswa maupun akademisi.

“Kuliah umum ini disambut dengan baik oleh para mahasiswa dan dosen di lingkungan Fakultas Pertanian Unsrat,” ujar Ketua Jurusan Sosial Ekonomi dan Bisnis Faperta Unsrat
Dr. Maya Montolalu, SP, M.Com, MSc kepada Meimonews.com.

Baca juga  Faperta Gelar Dies Natalis, Rektor Sebut Tema Kegiatan Cerminkan Ajakan Aksi Kreatif

Doktor Maya, sebut Tooy, menginisiasi kegiatan ini dengan menghadirkan doktor Dartanto karena Dekan FEB UI tersebut adalah supervisor utama doktor Maya dalam pendidikan strata 3 (doktor) di UI.

Dalam pemaparan kuliah umumnya, doktor Dartanto mengungkapkan, dalam memasuki dunia indutri 4.0 dan society 5.0, sepertinya sekor pertanian di Indonesia mulai terpinggirkan, sehingga terjadi mobilisasi tenaga kerja pertanian ke industri dan jasa. Namun ternyata tidak menjamin dengan berpindah ke sektorĀ  lain lebih menjanjikan dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan.

Oleh karena itu, sebutnya, sangat perlu untuk mempertahankan lahan pertanian bagi rumah tangga petani dan perlu kolaborasi pemerintah dan akademisi untuk menghasilkan solusi inovasi dan bersinergi dalam meningkatkan nilai tambah komoditi mentah dan menunjang peningkatan pengetahuan, ketrampilan melalui pendidikan serta modernisasi pertanian.

Baca juga  Flora Mendaftar Balon Rektor Diantar Sejumlah Dosen dan Senat Unsrat

“Modernisasi atau transformasi ini baik dalam bentuk aset maupun tekonologi yang bisa meningkatkan produktivitas melalui peningkatan human capital dan physical capital,” ujarnya.

Diungkapkan, berdasarkan data sumbangan sector agriculture berjumlah 13.5 persen dari total GDP sedangkan tenaga kerjanya 34.03 persen

Dari hasil observasi, dengan adanya dukungan BUMDEs pertumbuhan desa yang tertinggal terlihat pertumbuhannya lebih tinggi dibandingkan dengan strata desa yang lain, sehingga perhatian pemerintah seperti pendampingan dari segi permodalan, pasar dan alat dan mesin sangat penting ke depan.

Subsidi saat ini, menurutnya, memang masih perlu untuk mendongkrak tingkat kemiskinan petani. Apalagi tidak dapat dipungkiri sektor pertanian sangat mendukung food security dan kemandirian pangan dan juga untuk mengantisipasi masalah krisis pangan global. (Fer)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *