Sesuai Target, Utusan SMA Negeri 1 Manado di 5 Mata Pelajaran Lolos ke Lomba OSN Tingkat Provinsi

by -523 Views

Meimonews.com – Target 5 mata pelajaran (MP) dari 10 MP yang diikuti pada lomba Olimpiade Siswa Nasional (OSN) berhasil dipenuhi utusan SMA Negeri 1 Manado pada lomba Tingkat Kabupaten/Kota yang dilaksanakan 24-25 Mei 2022. Siswa dari MP tersebut nantinya berlomba di Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan Agustus mendatang.

“Dari 5 mata pelajaran yang ditargetkan lolos dalam OSN Tingkat Kabupaten/Kota, kami berhasil meloloskan lima mata pelajaran dengan jumlah 9 siswa,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Manado Jemmy Jermias kepada Meimonews.com di ruang kerjanya, Kamis (23/6/2022).

Dijelaskan, empat mata pelajaran yang diunggulkan terpenuhi sementara satu mata pelajaran tergantikan. Kelima MP yang diunggulkan terdiri dari matematika, ekonomi, geografi, biologi dan fisika. Empat yang lolos adalah matematika, ekonomi, geografi dan  geologi. Yang tidak gol/lolos adalah fisika tapi tergantikan dengan astronomi.

Sepuluh MP yang dilombakan adalah astronomi, biologi, ekonomi, fisika, geografi, informatika, kebumian, kimia, dan matematika. Setiap MP hanya dibatasi lima peserta/siswa. SMA Negeri 1 Manado ikut full team yakni empat puluh lima orang, setiap MP lima orang.

Baca juga  Satpol PP Sulut Buka Layanan Pengaduan lewat Call Center 085255560007

Utusan SMA Negeri 1 Manado yang berhasil menorehkan prestasi di lima MP tersebut adalah Rafa Zulhaq Rizaldi dan  Keisha Karen Manoppo yang menduduki peringkat 1 dan 2 MP Ekonomi, Valent Tio Inkiriwang peringkat 2 MP Matematika,  Claudia Belabdan Bilgys Ramadhani Reksoprojo peringkat 5 dan 9 MP Astronomi,  Osvalda Koyongian, Yoel M. Suak dan Christo M. Widjayanto peringkat 5, 6 dan 8 MP Geografi, dan Gloria NR Rokot peringkat 5 MP Biologi.

Prestasi yang ditorehkan ini, menurut Jermias, sungguh luar biasa dan membanggakan baik bagi siswa, orangtua siswa tapi juga sekolah. Betapa tidak, tahun sebelumnya, hanya meloloskan dua orang dengan dua MP. Demikianpun, persiapan waktunya terbatas tapi bisa mencapai prestasi yang luar biasa.

Baca juga  Momen Ibadah Rutin, Tim Transplantasi Ginjal RSUD Kandou Diutus

Khusus waktu persiapannya, Jermias menjelaskan, sebelum ia menjadi Kepala SMA Negeri 1 Manado, belum terlihat adanya persiaan. Namun, ketika masuk/menjadi kepala sekolah pada awal Maret 2022, ia langsung tancap gas. Langsung mengadakan persiapan, bahkan mendatangkan pelatih dari LOPi (Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia) Jakarta.

” Kalau cuma ambil pelatih dari daerah sini (Sulut) dengan waktu persiapan yang singkat maka sulit mengejar ketertinggalan. Maka diperlukan terobosan, diperlukan langkah cepat dan tepat yakni mendatangkan pelatih yang sudah berpengalaman dan memiliki kapasitas untuk hal itu yaitu LOPI,” ujar Jermias.

Dan hasilnya, sambung mantan Kepala SMA Eben Haezar Manado ini, sungguh memuaskan dan membanggakan. Nama SMA Negeri 1 Manado terangkat lewat prestasi keikutsertaan dalam OSN ini. “Prestasi yang dicapai ini buah dari kerja keras,” tandasnya. (af)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *