KITA BUAH MSC

by -355 Views

Meimonews.com – Uskup Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC mengungkapkan, saat di ruang sakristi tadi, Pastor Agus Sumaraw Pr menyampaikan kepada saya bahwa kita ini adalah buah dari Misionaris Hati Kudus Yesus (MSC = Misionarii Sacratisimi Codi Yesus).

“Tentu, salah satu buah dari buah yang banyak dihasilkan lewat kehadiran MISC di Sulawesi,” ujar Mgr. Rolly (sapaan uskup) ketika berkotbah pada misa syukur acara puncak Peringatan 100 Tahun MSC di Sulawesi yang diadakan di Gereja Paroki Hati Kudus Yesus (HKY) Karombasan, Senin (7/9/2020).

Dikemukakan, di dalam perayaan syukur ini banyak hal sudah diadakan oleh panitia yang diketuai Pastor Berty Tojow MSC dengan seluruh anggota panitia dalam kondisi pandemi covid-19 ini sehingga puncaknya hanya dilaksanakan secara live streeming yang kalau situasi normal tidak seperti begini. Namun, tidak mengurangi makna dari perayaan ini.

Perayaan ini, sebut uskup, disiapkan dengan rupa-rupa cara seperti novena 9 bulan, tridium lewat live streeming terutama untuk para MSC kemudian ada webinar yang membahas sejarah kehadiran dan karya MSC, bertitik tolak dari buku yang disiapkan oleh tim yang diketuai Pastor Sujoko MSC.

“Tadi pagi, ada ziarah ke makam/kubur di seminari Menengah Kakaskasen untuk mengingatkan kita bahwa perjalanan itu dimulai dari siapa ? orang-orang yang telah memberikan diri kepada kita sekalian dan kita tahu juga bahwa refleksi ini masih berlanjut karena perayaan ini termasuk buku yang sudah mulai disebarkan dipersiapkan untuk menuju, menuju ke mana ?,” kata uskup.

Tahun depan, sebut mantan Provinsial MSC Indonesia ini, 50 tahun Provinsi MSC Indonesia secara mandiri, terlepas dari provinsi induknya di Belanda. Tahun 2020 merayakan/memperingati 50 Tahun sebagai provinsi.

Dikemukakan, untuk mengingatkan kita bahwa kehadiran MSC melanjutkan perutusan gereja universal yang sudah dimulai terutama dengan kembalinya di daerah ini oleh Serikat Jesus (SJ) selama 52 tahun, sejak 1868 dan pada tahun 1920, (100 tahun lalu), MSC melanjutkan estafet pelayanan itu, perutusan itu.

Baca juga  Memulai Aktivitas Setelah Libur Natal dan Tahun Baru, SMA Negeri 9 Laksanakan Apel Perdana

“Pelayanan misioner dari gereja Katolik tentu bersumber, start dari mana ? yaitu dari Yesus sendiri, yang seperti didengar dari bacaan injil (Mat. 28 : 16-20) yaitu Yesus mengutus muridNya, pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan Aku menyertai kanu senantiasa sampai kepada akhir zaman,” ujar Mgr. Rolly.

Dijelaskan, kita tahu juga kehadiran MSC, melanjutkan karya dari Serikat Jesus. Menerima warisan-warisan, yang telah diungkapkan dalam buku sejarah kehadiran MSC. Tentu, yang pertama-tama yaitu misi misioner. Luar biasa. Semangat perutusan yang diwariskan oleh gereja universal.

Berangkat dari apa yang disanpaikan Yesus dari bacaan tadi, dan itu berlanjut terus-menerus, menerima estafet dan warisan-warisan dari SJ yang antara lain disebutkan, umat Katolik waktu itu 111.111 jiwa, sekolah guru dan jaga suster JMJ yang sudah hadir sejak tahun 1898 (22 tahun sebelum MSC masuk). “Dengan demikian, MSC melanjutkan itu,” tandasnya.

MSC, sebut Mgr. Rolly, tidak bisa berbuat lebih banyak seperti yang sudah dialami sampai tahun ini bersamaan dengan taerkat-tarekat religius yang sudah ada sesudah JMJ yang tentu dipanggil oleh SJ dan kemudian datang Fratet CMM, suster Karmel, DSY, PBHK Ursulin, Fransiskanes, Putri Karmel dan Pastor CSE.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Sulut berharap, perayaan syukur 100 Tahun MSC di Sulawesi akan semakin memperkuat komitmen para misionaris Hati Kudus Yesus (MSC) dan segenap umat Katolik di Sulawesi untuk tetap setia dalam pelayanan di tengah kondisi apapun serta tetap bersedia mendukung dan memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa dan daerah.

Baca juga  ODSK dan AARS Menang Telak di TPS RS Ratumbuysang

Perayaan ini juga, bagi gubernur, menjadi momentum yang sangat tepat untuk semakin meningkatkan atau menguatkan tekad dan komitmen para MSC di Sulawesi dan segenap umat Katolik dalam mengiringi percepatan pembangunan bangsa, utamanya dalam melakukan perubahan dan pembaharuan di tengah kehidupan segenap umat.

“Mencermati berbagai capaian progresif yang telah kita torehkan selama ini Pemerintah dan segenap komponen pembangunan di Provinsi Sulut dituntut mampu untuk terus memberikan karya yang optimal serta tetap menjalin sinergutas, bahu-membahu dan bekerjasama satu sama lain, ” ujar Silangen membaca sambutan gubernur.

Diingatkan, segenap umat Katolik di Sulawesi harus memahami secara utuh peran MSC di tengah umat sehingga visi MSC juga akan terwujud secara utuh.

Terkait dengan langkah ke depan, tidak dapat dipungkiri, misi pelayanan turut diperhadapkan dengan berbagai tantangan sekaligus peluang yang muncul sebagai konsekuensi dari perkembangan zaman.

“Suka atau tidak, kita telah berada dalam tatanan masyarakat global dengan berbagai perubahan dan perkemvangan yang menyertainya,” sebut gubernur.

Misa syukur dipimpin Mgr. Rolly di dampingi Uskup Emeritus Mgr. Josef Suwatan MSC, Vikjen Pastor Agus Sumaraw Pr, Ketua Panitia Pastor Stevanus Berty Tijow MSC dan Frater Diakon Micky Kojongian Pr.

Hadir pada acara yang disiarkan secara live streeming itu Kadis Kehutanan Sulut Reyner Dondokambey dan Kadis Perindag Sulut Edwin Kindangen (mendampingi Sekda Sulut), puluhan imam baik dari Tarekat MSC termasuk Supda Sulkaltim Pastor Herry Purasa, maupun imam diosesan (Projo) dan tarekat religius lainnya, sejumlah suster, bruder, frater, panitia dan undangan lainnya.

Kendati ada kehadiran sejumlah orang tapi protokol kesehatan tetap dijaga seperti ada jarak, memakai APD, tempat cuci tangan dan disediakan hand sanitizer. (AF)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *