BANYAK TEROBOSAN TELAH DIBUAT IRJEN POL. ROYKE LUMOWA

by -465 Views

Meimonews.com – Senin (31/8/2020) telah diadakan serahterima jabatan (sertijab) Kapolda Sulut dari Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, MM kepada penggantinya Irjen Pol. Drs. RZ Panca Putra , MSi bersamaan dengan sejunlah perwira tinggi lainnya yang dipimpin Kapolri Jenderal Idham Azis di Mabes Polri, Jakarta.

Selepas jabatan Kapolda, Irjen Lumowa akan menduduki jabatan Analis Kebijakan Utama Lemdikpol.

Walaupun baru menjabat beberapa bukan sebagai Kapolda Sulut namun sejunlah keberhasilan atau terobosan yang dibuat mantan Kakorlantas Mabes Polri ini. Beberapa sumber mengungkap sosok dan keberhasilan perwira tinggi (pati) bintang dua ini.

Bagi Maksi Sakul, seorang aktivis (mitra Polda Sulut)., Irjen Pol. Royle Lumowa adakah pribadi yang humanis, sejalan dengan kebijakan/program Polri serta merupakan orang yang tegas.

“Pak Lumowa adalah seorang yang punya prinsip. Beliau tegas tetapi sekaligus humanis,” ujar Maksi kepada meimonews.com di Manado, Minggu (30/8/2020).

Jenderal Lumowa, sebut pengusaha muda ini, banyak membantu warga dan memberikan ketenangan terutama di masa pandemi covid-19 ini. Pak Lumowa tak segan turun ke masyarakat memberikan imbauan soal pencegahan penyebaran covid-19 serta pula memberikan bantuan sosial kepada harga terdampak.

Walaupun hanya beberapa bulan menjabat Kapolda Sulut, ungkap Maksi, banyak terobosan lain yang dibuatnya. “Beliau membuat terobosan di bidang keamanan dengan membentuk Tim Maleo dalam menciptakan rasa aman dan nyaman di Sulut.

“Beliau telah menciptakan sejarah di Polda Sulut dengan hadirnya pataka dalam bentuk bahasa dan logo yang berkarakter da ciri khas daerah kita tercinta,” ujar Maksi tentang terobosan lain yang dibuat Jenderal Lumowa.

Apa yang dibuat mantan Kapolda Maluku itu, menurutnya, membuktitan kecintaan beliau untuk daerahnya. Sejarah akan mencatat itu terjadi di era beliau.

“Sukses selalu dan semoga waktu dekat ini balik lagi di Sulut dalam jajaran pimpinan Muspida sulut,” ujar Maksi ketika ditanya tentang pesan dan harapanya terhadap Irjen Pol. Royle Lumowa setelah tidak menjabat Kapolda Sulut..

Apresiasi terhadap karya dari Irjen Pol. Royle Lumowa datang dari Ferry Woy, mantan Sekretaris Dinas Pariwisata Sekretariat Kota Manado. Dihubungi terpisah, Ferry memberikan pandangan/komentarbya tentang Jenderal Lumowa.

“Sekalipun waktu yang tersedia memimpin di Polda Sulut tidak terlalu lama, namun beliau telah mampu membuat lompatan prestasi,” ujar Ferry.

Pertama,.meningkatkan kebersamaan korps kepolisian di semua lini mulai dari Polda, Polres/ta sampai ke Polsek. Kedua, mampu menumbuhkembangkan potensi budaya yang ada di Sulut. Ketiga, memiliki integritas yang tinggi untuk mewujudkan setiap program-program yang diyakini menjadi dambaan warga masyarakat dari sisi kemanunggalan Polri.

“Itulah beberapa komentar atau pandangan saya soal pak Jenderal Royke Lumowa,” ujar Ferry. (lk)

About Author: Redaksi Meimo News

Gravatar Image
Meimonews.com Pengelola : PT Meimo Berjalan Bersama Badan Hukum : Keputusan Menkumham dan HAM RI No. : AHU-0057475-AH.01.01 Tahun 2022 Notaris : Budiharto Prawira, SH Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Lexie Kalesaran Alamat : Jl. Kampus Timur No. 84 Kleak Manado 95115 Telp. 082190565818 - WA 0895395534143